Ekonomi Bisnis

Superblok Pakuwon di IKN Belum Konstruksi, Ini adalah Sebabnya

7
×

Superblok Pakuwon di IKN Belum Konstruksi, Ini adalah Sebabnya

Sebarkan artikel ini
Superblok Pakuwon ke IKN Belum Konstruksi, Ini adalah adalah Sebabnya

JAKARTA – Proyek Superblok Pakuwon Nusantara ke Ibu Pusat Kota Nusantara (IKN) yang digunakan telah terjadi groundbreaking sejak November 2023 kemudian belum kunjung dibangun hingga pada waktu ini. PT Pakuwon Jati (PWON) Tbk menungkapkan alasannya.

Presiden Direktur Pakuwon Jati Alexander Stefanus Ridwan Suhendra mengatakan, proyek di dalam Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN itu sebelum masuk di tahap proses pembuatan memerlukan berbagai hal, mulai dari pengecekan susunan tanah, persetujuan desain Pemerintah, hingga penerbitan izin lingkungan.

“Saat ini masih penelitian dengan (Kurator IKN) Ridwan Kamil, sekarang telah cek tanah, struktur, sekarang kita sedang bereskan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) secara keseluruhan, desain kita sudah ada oke,” papar Alexander ketika ditemui seusai acara Topping Off Ceremony Pakuwon Residence Bekasi, Hari Sabtu (27/4/2024).

Pakuwon optimistis konstruksi superblok di IKN yang direncanakan terdiri dari sebuah pusat perbelanjaan, kondominium juga 3 hotel itu akan sangat menguntungkan pada jangka panjang. Proyek konstruksi Superblok Pakuwon Nusantara memiliki lahan seluas 7,2 hektare berlokasi strategis di dalam Kawasan Sumbu Kebangsaan kemudian tepat ke depan tugu Titik Nol.

Alexander menambahkan, pelemahan nilai tukar rupiah yang dimaksud pada waktu ini tembus Rp16.000 per dolar Amerika Serikat tidak ada mempengaruhi biaya proses pembuatan di IKN. Sebab, jelas dia, mayoritas material yang dimaksud digunakan masih mampu dihasilkan dari pada negeri.

Kalaupun memerlukan material impor, imbuh Alexander, ketika ini kebijakan pemerintah masih menggratiskan bea masuk impor untuk konstruksi IKN. Karena itu, pelemahan nilai tukar rupiah menurutnya bukan akan mengganggu proyek yang digunakan pada waktu ini berada dalam dikerjakan.

Pembangunan Superblok Pakuwon Nusantara disebut sebagai salah satu upaya untuk terus memperbesar basis sumber pendapatan berkelanjutan lalu diversifikasi geografis Pakuwon. Perseroan memandang penanaman modal ini sebagai wujud peran pengusaha perusahaan swasta untuk kesetaraan pengerjaan di dalam Indonesia.

Artikel ini disadur dari Superblok Pakuwon di IKN Belum Konstruksi, Ini Sebabnya