Teknologi

Kisah Kakek 16 Cucu, dari Tukang Kayu Jadi Gamer Kaya

8
×

Kisah Kakek 16 Cucu, dari Tukang Kayu Jadi Gamer Kaya

Sebarkan artikel ini
Kisah Kakek 16 Cucu, dari Tukang Kayu Jadi Gamer Kaya

JAKARTA – Seorang kakek jika Tanah Melayu mengalami perubahan fundamental hidup, dari tukang kayu berubah menjadi orang gamer kaya raya.

Melansir Harian Metro, Kamis (25/4/2024), sang kakek, Radhuan Othman (64) pada masa kini mampu menghasilkan kembali Rp20,3 jt per bulan. Caranya dengan melakukan live streaming game Player Unknown’s Battlegrounds (PUBG) Mobile pada TikTok. PUBG Mobile dikenal sebagai versi mobile dari game battle royale populer, PUBG. Di turnamen ini, pemain saling tembak untuk berubah jadi pemukim terakhir yang bertahan hidup.

Akunnya, PakDhuan Gaming di dalam TikTok pada saat ini makin populer akibat berhasil mendapatkan 16 kill di sekali game PUBG Mobile pada November 2023 lalu. Pria yang memiliki 16 cucu ini awalnya tertarik dengan teknologi, sebelum akhirnya menekuni game sebagai hobinya.

Meskipun sudah ada mulai bermain PUBG Mobile sejak enam tahun lalu, Radhuan baru benar-benar kritis bermain game ketika pandemi. Lalu, ia mendapatkan ide untuk melakukan streaming di dalam TikTok sebagai sumber penghasilan tambahan.

“Dalam sebulan, saya berhasil memunculkan uang dari live streaming kemudian mulai upgrade komputer saya dari situ. Meskipun ini dianggap sebagai hobi, saya mendapatkan penghasilan tambahan dari di lokasi ini jadi saya meninjau ini sebagai sesuatu yang mana bermanfaat,” kata Radhuan.

Sekarang, Radhuan melakukan streaming hingga enam jam sehari antara jam 21.00 waktu malam serta 05.00 pagi. Ia menyisakan waktu siang hari untuk kebersamaan dengan keluarga.
Meskipun beliau mengakui dirinya sebagai gamer yang tersebut cukup hardcore, Radhuan mengaku tak kecanduan. Ia hanya saja ingin mendapatkan penghasilan sambil menghibur khalayak lain.

Radhuan juga mengutarakan untuk media bahwa ia merasa waktu yang dihabiskan terbayar. Dia ditempatkan di antara 10 besar ‘Top Famous’ di Ellando Agency TikTok Live Performance Appreciation Awards 22/23.

Radhuan bukanlah satu-satunya warga yang dimaksud baru bermain game di usia lanjut. Sham Shat Begun (60) menghabiskan waktu tiga jam sehari untuk bermain Candy Crush dalam perangkat selulernya. Nenek dari enam cucu ini tidaklah bisa jadi tidur ke di malam hari hari jikalau belum bisa jadi menyelesaikan level tertentu di game dengan benar. “Kadang-kadang, saya berubah jadi sangat frustrasi sehingga saya akan mencari panduan di Google tentang cara menyelesaikan level tersebut,” kata Sham.

Candy Crush yaitu game mobile yang mana mengharuskan pemain untuk menyelaraskan baris permen untuk menghancurkannya, menghilangkannya dari permainan lalu menyelesaikan level. “Saya mulai memainkan game ini pada 2010 hanya sekali untuk mengisi waktu luang, tapi itu mulai berubah jadi tambahan menyenangkan bagi saya,” tuturnya.

Ia biasanya bermain setelahnya selesai mengerjakan pekerjaan rumah tangga, yaitu antara jam 23.00 waktu malam kemudian 02.00 pagi, sebelum tidur. Sampai ketika ini, ia sudah pernah menyelesaikan permainan hingga level 15.040. Biasanya ia membutuhkan waktu hingga dua hari untuk menyelesaikan satu level.

Di rumah, keluarganya tidaklah terlalu takut dengan kesukaannya terhadap Candy Crush – menurut Sham, anak serta cucunya memiliki hobi yang dimaksud serupa. “Kadang-kadang, mereka itu bahkan memohon saya untuk menyelesaikan level yang mana mereka itu stuck untuk mereka,” ucapnya.

Artikel ini disadur dari Kisah Kakek 16 Cucu, dari Tukang Kayu Jadi Gamer Kaya