Otomotif

Jumlah Mobil Listrik yang digunakan Dipakai Mudik Naik Drastis

9
×

Jumlah Mobil Listrik yang digunakan Dipakai Mudik Naik Drastis

Sebarkan artikel ini
Jumlah Mobil Listrik yang digunakan digunakan Dipakai Mudik Naik Drastis

JAKARTA – Jumlah mobil listrik yang digunakan dipakai mudik pada tahun 2024 naik tajam dibandingkan pada momen yang mana identik tahun lalu. Hal itu tercermin dari melonjaknya jumlah agregat proses pengisian dalam Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di dalam jalur mudik.

Tercatat, hingga H+7 Lebaran 2024, jumlah total proses pengisian di SPKLU mencapai 11.377 transaksi. Angka yang disebutkan meningkat 5 kali lipat dibandingkan pada momen mudik Lebaran 2023 yang tercatat sebanyak 2.275 transaksi.

Sekadar informasi, PLN menyediakan 1.299 unit SPKLU yang tersebut tersebar di 879 lokasi. Layanan ini terbukti membantu para pemudik sehingga bukan terjadi tindakan hukum kehabisan daya akibat minimnya infrastruktur stasiun pengisian baterai.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo memaparkan penyediaan SPKLU memang sebenarnya menjadi salah satu fokus utama perseroan. Terlebih, animo pengaplikasian kendaraan listrik yang semakin meningkat. “Minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik semakin meningkat. PLN menjawab permintaan itu dengan menyediakan sarana SPKLU di dalam setiap titik strategis lalu seluruh rest area tol ke jalur mudik,” kata Darmawan melalui keterangan resmi.

“Kita ingin masyarakat merasakan pengalaman mudik yang mana aman lalu aman menggunakan kendaraan listrik.”

Baca Juga: Jasa Marga: Pengunjung Rest Area Melonjak 300% Selama Arus Mudik 2024

Sejalan dengan peningkatan proses di SPKLU dikarenakan pemakaian kendaraan listrik, jumlah agregat konsumsi listrik juga terlibat terdorong. Realisasi konsumsi listrik ke SPKLU hingga H+7 Lebaran 2024 mencapai 226,5 Mega Watt hour (MWh), atau meningkat 5,2 kali lipat dibandingkan 2023 sebesar 43,5 MWh.

“Selama masa mudik Idul Fitri, kami juga menyiagakan lebih besar dari 3.500 personel di dalam setiap SPKLU yang membantu pengguna mobil listrik pada waktu melakukan pengisian daya, sehingga pengguna mobil listrik dapat semakin nyaman,” ucap Darmawan.

PLN memprediksi, ke depan pengguna kendaraan listrik akan terus meningkat. Untuk itu, PLN akan terus memverifikasi SPKLU yang ada bisa jadi beroperasi dengan optimal, sehingga pengguna kendaraan listrik terus enak pada melakukan perjalanan jauh.

“Tahun ini berubah menjadi pengalaman manis bagi pengguna kendaraan listrik. Kami yakin dengan pengalaman tahun ini, tahun depan akan semakin banyak pemudik yang digunakan menggunakan kendaraan listrik,” ujarnya.

Artikel ini disadur dari Jumlah Mobil Listrik yang Dipakai Mudik Naik Drastis