Otomotif

AC mobil tak dingin? Ini adalah pendorong lalu cara menanganinya

7
×

AC mobil tak dingin? Ini adalah pendorong lalu cara menanganinya

Sebarkan artikel ini
AC mobil tak dingin? Ini adalah adalah pendorong tak lama kemudian cara menanganinya

Ibukota Indonesia (ANTARA) – Suhu udara yang mana panas, sanggup diatasi dengan menyalakan Air Conditioner (AC) di mobil untuk memproduksi suasana berubah menjadi lebih lanjut sejuk.

AC mobil yang tiada dingin, sanggup berubah jadi permasalahan dan juga keluhan bagi pengendara juga penumpang mobil sehingga ruang pada kabin terasa tidaklah nyaman.

Kerusakan pada AC mobil yang dimaksud tidak ada dingin bisa saja disebabkan beberapa faktor. Berikut adalah penyebab yang dimaksud umum berjalan pada AC mobil yang bukan dingin juga cara menanganinya, sebagaimana dilansir dari laman resmi Auto2000 juga Astra Daihatsu.

1. Freon habis

Komponen utama di AC yang tersebut dingin adalah freon. Jika freon habis, maka AC hanya saja mengeluarkan angin kemudian dipastikan tidak ada akan dingin. Oleh sebab itu, setiap saat rutin untuk memeriksa dan juga mengisi ulang freon dalam bengkel yang digunakan menyediakan.

2. Kondensor tersumbat

Kondensor terletak ke bagian depan mobil kemudian berfungsi untuk mendinginkan freon, jikalau terlalu banyak kotoran atau debu yang dimaksud menempel pada kondensor dapat menghalangi aliran udara yang tersebut diperlukan untuk membuang panas dari freon.

Untuk menanganinya, pengendara atau pengguna mobil harus rutin membersihkan kondensor yang mana menempel banyak debu juga kotoran untuk mengempiskan risiko AC tiada dingin.

3. Kompresor AC rusak

Kompresor adalah bagian yang digunakan bertanggung jawab, untuk mengompres freon. Jika kompresor rusak, sistem tak akan mampu memunculkan tekanan yang mana cukup untuk menggerakkan freon dengan efektif, sehingga tiada menciptakan udara dingin.

Untuk menanganinya, pengendara direkomendasikan untuk menyebabkan mobil ke bengkel untuk pemeriksaan lalu perbaikan penyebab kompresor AC yang tersebut rusak. Sehingga AC mobil tidaklah dingin.

4. Extra fan mati

Komponen ini terletak di dalam depan kondesor, apabila extra fan terhenti akan menghurangi kinerja pendinginan AC. Sehingga AC kabin di dalam di mobil akan masih merasakan panas atau cuma angin belaka yang mana keluar.

Untuk menanganinya terus-menerus konsultasi dengan ahli AC mobil atau bengkel, sehingga permasalahan ini dapat dapat diperbaiki.

5. Penyumbatan evaporator

Evaporator yang tersebut tersumbat dikarenakan debu atau kotoran, akan menimbulkan aliran udara dari blower menjadi terhambat akibatnya sirkulasi AC jadi terganggu.

Untuk menanganinya, pengendara harus rutin membersihkan secara berkala dalam bengkel mobil.

6. Belt kompresor longgar atau rusak

Fungsi belt yang mana menghubungkan kompresor dengan mesin mobil harus pada keadaan baik untuk meyakinkan kompresor berputar dengan lancar. Jika longgar atau ada kerusakan, dapat mengganggu kinerja pada AC mobil.

Untuk menanganinya, pengendara harus melakukan konfirmasi belt di keadaan baik dan juga tidaklah longgar untuk memaksimalkan kinerja AC pada mobil.

Perlu Anda ingat, pemicu AC tidaklah dingin bisa saja berlangsung oleh sebab itu suhu cuaca yang panas berlebih. Sehingga AC tiada terasa dingin serta rutin lakukan pengecekan di bengkel yang digunakan dapat membantu hambatan lainnya dari penggerak AC mobil yang digunakan tak dingin.
 

Baca juga: Penting rawat AC mobil sebelum melakukan mudik dengan mobil pribadi

Baca juga: Penyebab AC mobil tak dingin pada saat cuaca panas

Baca juga: Cara enteng bersihkan ventilasi AC mobil

Artikel ini disadur dari AC mobil tidak dingin? Ini penyebab dan cara menanganinya