Otomotif

Berapa Lama Baterai Mobil Listrik Harus Diganti?

10
×

Berapa Lama Baterai Mobil Listrik Harus Diganti?

Sebarkan artikel ini
Berapa Lama Baterai Mobil Listrik Harus Diganti?

JAKARTA – Pertanyaan tentang berapa lama akumulator mobil listrik harus diganti memang sebenarnya penting. Terutama, bagi mereka yang mana berniat untuk mengganti kendaraan ICE berubah menjadi mobil listrik.

Hanya saja, pertanyaan mudah yang dimaksud tak bisa jadi dijawab dengan sederhana. Sebab, usia akumulator mobil listrik dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor.

Beberapa aspek yang mempengaruhi sel mobil listrik:

– Jenis baterai: Baterai lithium-ion yang digunakan lebih tinggi baru miliki umur yang digunakan lebih banyak panjang daripada elemen penyimpan daya lithium-ion tradisional.
– Kebiasaan mengemudi: Mengemudi dengan agresif lalu kerap menggunakan pengisian daya cepat dapat memperpendek usia baterai.
– Kondisi lingkungan: Suhu ekstrem, baik panas maupun dingin, dapat mempercepat degradasi baterai.
– Perawatan: Merawat sel dengan baik, seperti mengelak pengisian daya berlebihan dan juga merawat suhu akumulator kekal ideal, dapat membantu menunda umurnya.

Beberapa pabrikan di Indonesia memberikan garansi akumulator seumur hidup untuk memberikan kepercayaan terhadap konsumen.

Wuling, misalnya, memberikan garansi seumur hidup untuk mobil listrik BinguoEV. Selain itu, Neta juga memberikan garansi seumur hidup terhadap model Neta V. Rencana garansi seumur hidup Neta V berlaku khusus untuk 2.024 konsumen pertama yang dimaksud melakukan pembelian unit NETA V.

Garansi seumur hidup lainnya juga diberikan oleh MG Negara Indonesia juga Chery Motor Indonesi lewat Omoda E5.

Nah, berikut beberapa tips untuk membantu menambah masa berlaku usia akumulator mobil listrik Anda:

1. Hindari pengisian daya berlebihan. Idealnya, jaga level akumulator antara 20% dan juga 80%.

2. Gunakan pengisian daya yang digunakan lambat bila memungkinkan. Pengisian daya yang digunakan cepat dapat menghasilkan kembali panas berlebih yang mana dapat merobohkan baterai.

3. Hindari mengemudi dengan agresif. Mengemudi dengan kecepatan membesar lalu pengereman mendadak dapat menguras penyimpan daya lebih besar cepat.

4. Parkir mobil dalam tempat teduh ketika cuaca panas. Paparan sinar matahari secara langsung dapat mempercepat degradasi baterai.

4. Lakukan perawatan elemen penyimpan daya secara berkala sesuai dengan rekomendasipabrikan.

Artikel ini disadur dari Berapa Lama Baterai Mobil Listrik Harus Diganti?