Teknologi

Starlink Baru Beroperasi Sudah Perang Harga, Beri Diskon 40 Persen!

11
×

Starlink Baru Beroperasi Sudah Perang Harga, Beri Diskon 40 Persen!

Sebarkan artikel ini
Starlink Baru Beroperasi Sudah Perang Harga, Beri Diskon 40 Persen!

JAKARTA – Layanan Starlink resmi beroperasi pada Indonesia, ditandai dengan penampilan Elon Musk dalam Bali untuk pelanggan ritel. Menariknya, layanan internet satelit itu bukan ragu-ragu untuk secara langsung konflik harga.

Untuk kawasan perkotaan, layanan Starlink memang benar sulit bersaing dengan operator seluler (mobile broadband) ataupun internet kabel (fixed broadband). Ini adalah oleh sebab itu layanan mereka itu terbilang mahal.

Untuk menggunakan layanan Starlink, konsumen harus membayar biaya alat sebesar Rp7,8 jt serta bulanan Rp750.000.

Tapi, mendadak Starlink mengambil kesempatan diperkenalkan Elon Musk ke Nusantara dengan melancarkan pertempuran harga.

Perangkat keras Starlink yang tersebut mulanya dibanderol Rp7,8 jt mendapatkan diskon jadi Rp4.680.000 atau mencapai 40 persen hingga 10 Juni 2024.

Bisa jadi, ini strategi merekan untuk merenggut konsumen dalam kawasan urban/perkotaan. Baik itu perseorangan maupun bisnis.

Kehadiran Starlink tentu sekadar dikhawatirkan dapat mengganggu pangsa operator seluler sebab dianggap tiada memberikan “permainan yang mana setara”.

Menteri Komunikasi lalu Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi dalam Bali mengumumkan bahwa pemerintah akan terus mengawasi pengoperasian Starlink ke Indonesia. Khususnya kewajiban-kewajiban yang digunakan harus dipenuhi oleh PT Starlink Service Indonesia.

Budi mengatakan bahwa Starlink belum membayar pajak dan juga belum mempunyai kantor resmi dalam Indonesia. Menurut Budi, peluncuran kantor perwakilan resmi sangat penting untuk menjamin pengamanan terhadap konsumen. “Harus ada customer service untuk melayani konsumen,” katanya.

Budi juga mengaku tidak ada segan untuk mencabut izin Starlink jikalau terbukti melakukanpelanggaran.

Artikel ini disadur dari Starlink Baru Beroperasi Sudah Perang Harga, Beri Diskon 40 Persen!