Teknologi

Sport Science ala Shin Tae-yong seperti Kecerdasan Buatan di dalam Liverpool FC

10
×

Sport Science ala Shin Tae-yong seperti Kecerdasan Buatan di dalam Liverpool FC

Sebarkan artikel ini
Sport Science ala Shin Tae-yong seperti Kecerdasan Buatan ke di Liverpool FC

DOHA – Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong , berhasil menghasilkan pencinta sepak bola Tanah Air heboh usai Timnas Indonesia U-23 mengalahkan Korea Selatan dalam Piala AFC 2024.

Kepelatihan jika Korea Selatan menggunakan Smart Gate. Alat ini berguna untuk mengukur kecepatan, kelincahan, lalu kebugaran pemain.

Shin Tae-yong mengaku menerapkan teknologi sains olahraga (sport science)

“Kami juga mengadakan tes fisik untuk para pemain. Hasilnya, cukup memuaskan. Akan terus ditingkatkan sepanjang pemusatan latihan ke sini. Pengaplikasian GPS untuk tes fisik juga digunakan,” ujar Shin Tae-yong dilansir dari laman resmi PSSI

Semua pergerakan pemain akan dengan segera terekam kemudian terhubung ke komputer maupun gawai. Hasil dari rekaman itu akan datang digunakan evaluasi pemain serta analisis dari pelatih.

Shin Tae-yong punya fokus lebih besar terhadap peningkatan fisik dan juga kebugaraan pemain Timnas Indonesia. Aspek kebugaran Tim Garuda disebut berubah menjadi hambatan yang digunakan berpengaruh besar terhadap performa tim.

Manuver Shin tentang penyelenggaraan teknologi yang disebutkan tentu layak mendapat apresiasi.

Ternyata, Shin bukanlah satu-satunya ahli yang dimaksud memanfaatkan teknologi pada inisiatif latihannya.

Teknologi Artificial Intelligence kian banyak digunakan pada bermacam aspek kehidupan. Selain di dalam planet pendidikan, contoh Artificial Intelligence juga dapat kita temui ke sepakbola.

Artikel ini disadur dari Sport Science ala Shin Tae-yong seperti AI di Liverpool FC