Otomotif

Cara Mengatasi Lampu Indikator Motor Injeksi Kedip-Kedip

10
×

Cara Mengatasi Lampu Indikator Motor Injeksi Kedip-Kedip

Sebarkan artikel ini
Cara Mengatasi Lampu Indikator Motor Injeksi Kedip-Kedip

JAKARTA – Lampu indikator motor injeksi yang dimaksud kedip-kedip menandakan adanya kesulitan pada sistem injeksi. Jumlah kedipan lampu dapat menunjukkan kode kesalahan tertentu, yang digunakan membantu para mekanik untuk mendiagnosis masalah.

Berikut beberapa langkah yang mana dapat Anda lakukan untuk mengatasi lampu indikator motor injeksi yang kedip-kedip:

1. Periksa Buku Panduan Pemilik

Langkah pertama adalah setiap saat merujuk pada buku panduan pemilik motor Anda. Buku panduan ini akan memberikan informasi spesifik tentang arti kedipan lampu indikator motor Anda serta langkah-langkah pemecahan kesulitan awal yang dimaksud dapat Anda coba.

2. Periksa Kesalahan Umum

Beberapa pemicu umum lampu indikator motor injeksi kedip-kedip meliputi:
– Topi busi bermasalah: Topi busi yang kotor, aus, atau rusak dapat menyebabkan permasalahan pada sistem pengapian lalu membuat lampu indikator.
– Sensor oksigen (O2) bermasalah: Sensor O2 bertanggung jawab untuk mengukur kadar oksigen pada gas buang kemudian membantu ECU mengatur campuran udara-bahan bakar. Sensor yang tersebut rusak dapat menyebabkan kesulitan performa mesin kemudian menyalakan lampu indikator.
– Throttle body kotor: Throttle body adalah katup yang tersebut mengontrol aliran udara ke mesin. Throttle body yang digunakan kotor dapat menyebabkan mesin idle tidaklah stabil, akselerasi lambat, dan juga lampu indikator menyala.
– Filter udara kotor: Filter udara yang digunakan kotor dapat membatasi aliran udara ke mesin, yang dimaksud dapat menyebabkan hambatan performa mesin juga menyalakan lampu indikator.

3. Gunakan Alat Diagnostik

Jika Anda tak dapat menemukan pendorong masalahnya sendiri, Anda dapat menggunakan alat diagnostik untuk membaca kode kesalahan yang dimaksud disimpan pada ECU motor Anda. Alat diagnostik ini dapat dibeli dalam toko onderdil mobil atau dipinjam dari bengkel.

4. Bawa Motor ke Bengkel

Jika Anda tidak ada yakin dengan cara mengatasi masalahnya, atau jikalau Anda bukan miliki alat juga keahlian yang tersebut diperlukan untuk melakukan perbaikan, sebaiknya bawa motor Anda ke bengkel yang dimaksud terpercaya.

Teknisi yang mana berpengalaman akan dapat mendiagnosis permasalahan dengan benar juga melakukan perbaikan yangdiperlukan.

Artikel ini disadur dari Cara Mengatasi Lampu Indikator Motor Injeksi Kedip-Kedip