Otomotif

4 Cara Jitu Mencegah Karat pada Mobil

9
×

4 Cara Jitu Mencegah Karat pada Mobil

Sebarkan artikel ini
4 Cara Jitu Mencegah Karat pada Mobil

JAKARTA – Cara menjaga dari karat pada kendaraan wajib diketahui oleh pemilik agar kendaraan masih tampil cantik kemudian tidaklah bodi keropos. Keberadaan karat selain mengacaukan penampilan tentu dapat mengempiskan nilai jual mobil.

Awal mula karat pada mobil dapat akibat berbagai hal, dalam antaranya oleh sebab itu bodi lecet. Agar bodi lecet tak berprogres menjadi karat pada bodi mobil, maka perawatan harus segera dilakukan. Minimal dengan membersihkan kotoran lalu debu secara rutin.

Berikut cara cara menjaga dari lalu menghilangkan karat pada bodi mobil dikutipkan dari Suzuki, Mulai Pekan (22/4/2024).

1. Mencuci Mobil secara Teratur

Mencuci mobil secara teratur sangat penting untuk merawat kebersihan bodi mobil kemudian menghurangi kemungkinan timbulnya karat. Kotoran, debu, serta residu garam yang menempel pada bodi mobil dapat menyebabkan karat apabila dibiarkan lama.

Usahakan mencuci mobil setidaknya seminggu sekali atau tambahan banyak apabila mobil kerap digunakan ke area yang digunakan berdebu, berlumpur, atau terkena garam, misalnya pada tempat pantai.

Selain mencuci mobil, jangan lupa membersihkan bagian bawah kendaraan, akibat area ini juga rentan terhadap karat . Gunakan semprotan air bertekanan tinggi untuk membersihkan bagian bawah mobil dari kotoran dan juga debu yang menempel. Pastikan juga untuk mengeringkan mobil pasca mencucinya agar air bukan tertinggal dan juga menyebabkan karat.

2. Rutin Berikan Pelumas pada Komponen Engsel Mobil

Mencegah mobil karat dapat dilaksanakan dengan merawat komponen engsel pintu secara rutin. Salah satu cara yang tersebut dapat diwujudkan adalah dengan memberikan pelumas pada engsel pintu mobil.

Penggunaan mobil yang dimaksud berulang kali dapat menyebabkan pelumas pada pintu mobil mengering, sehingga diperlukan diaplikasikan kembali secara berkala. Jika dibiarkan terlalu lama, dapat menyebabkan timbulnya karat pada bagian engsel mobil.

Engsel pintu mobil terletak pada bagian yang tersebut tertutup lalu memproduksi karat tiada terdeteksi dengan mudah, kecuali jikalau Anda melakukan pemeriksaan secara rutin. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memperhatikan keadaan engsel pintu mobil.

3. Gunakan Lapisan Anti Karat

Melapisi mobil dengan lapisan anti karat adalah cara efektif untuk mengurangi karat timbul. Lapisan ini biasanya diterapkan pada bagian bawah bodi mobil lalu area yang digunakan rentan terhadap karat, seperti sambungan logam juga sekitar lubang kunci.

Beberapa jenis lapisan anti karat yang digunakan umum digunakan adalah cat anti karat, pelumas, juga film pelindung. Pastikan untuk memilih komoditas anti karat yang dimaksud berkualitas lalu sesuai dengan keinginan mobil.

4. Jangan Tunda Perbaikan Bodi Mobil

Jika menemukan goresan atau kehancuran pada bodi mobil, segera lakukan perbaikan untuk menghindari mobil karat. Goresan yang dimaksud dibiarkan terbuka dapat bermetamorfosis menjadi pintu masuk air lalu menyebabkan karat.

Lakukan pengecatan ulang pada area yang dimaksud rusak agar bodi mobil kekal terlindungi. Jika kerusakannya cukup parah, pertimbangkan untuk mengganti panel bodi yang digunakan rusak dengan yang tersebut baru.

Artikel ini disadur dari 4 Cara Jitu Mencegah Karat pada Mobil