Berita

Peringatan Otoda, Mendagri: Momentum Perkuat Bangun Bangsa Berkelanjutan

6
×

Peringatan Otoda, Mendagri: Momentum Perkuat Bangun Bangsa Berkelanjutan

Sebarkan artikel ini
Peringatan Otoda, Mendagri: Momentum Perkuat Bangun Bangsa Berkelanjutan

JAKARTA – Hari Otonomi Daerah (Otoda) diperingati setiap tanggal 25 April. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyambut baik Hari Otoda Nasional tersebut.

“Semoga peringatan keras Hari Otda ke- XXVIII ini berubah menjadi peluang untuk menguatkan komitmen pada mendirikan bangsa juga negara yang tersebut berkelanjutan,” kata Mengdari Tito Karnavian, Hari Sabtu (27/4/2024).

Tito Karnavian menjelaskan, otonomi tempat merupakan hak, wewenang, juga kewajiban wilayah otonom. Hal ini untuk mengatur juga mengurus urusan pemerintahan juga kepentingan masyarakat setempat.

“Di bidang kesejahteraan, desentralisasi bertujuan memberikan pelayanan umum yang efektif, efisien, kemudian ekonomis dan juga meningkatkan partisipasi penduduk pada pembangunan,” ucapnya.

“Sementara itu, pada demokrasi, desentralisasi mempercepat terwujudnya rakyat madani melalui langkah-langkah demokrasi yang dimaksud lebih banyak langsung,” tambahnya.

Perjalanan otonomi tempat sudah pernah mencapai tahap kematangan untuk melahirkan terobosan kebijakan di identifikasi kemudian perencanaan wilayah yang tersebut berisiko dikembangkan secara terintegrasi, dengan memperhitungkan aspek keadilan sosial dan juga pelestarian lingkungan.

“Saya berharap semoga peringatan keras Hari Otda ke- XXVIII ini bermetamorfosis menjadi peluang untuk menguatkan komitmen di memulai pembangunan bangsa kemudian negara yang berkelanjutan,” tutup Tito.

Sementara itu, Wali Perkotaan Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara menerima dua penghargaan di Hari Peringatan Otoda Nasional. Pertama Penganugrahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Presiden RI yang mana disematkan Mendagri Tito Karnavian, juga Penghargaan untuk Pusat Kota Denpasar berhadapan dengan Prestasi Penyelenggaraan eksekutif Daerah melawan Evaluasi Penyelenggaraan pemerintahan Daerah (EPPD).

“Saya mewakili komunitas Denpasar sangat bersyukur menghadapi penghargaan ini yang tersebut diterima ini. Terima kasih untuk seluruh komunitas lalu semua pihak yang digunakan sudah pernah menyokong penyelenggaraan di Daerah Perkotaan Denpasar. Saya berjanji untuk terus meningkatkan kesejahteraan rakyat,” tutur Wali Perkotaan Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara.

Artikel ini disadur dari Peringatan Otoda, Mendagri: Momentum Perkuat Bangun Bangsa Berkelanjutan