Berita

KPK Sita Rumah Mewah Rp4,5 Miliar Milik SYL di Makassar

5
×

KPK Sita Rumah Mewah Rp4,5 Miliar Milik SYL di Makassar

Sebarkan artikel ini
KPK Sita Rumah Mewah Rp4,5 Miliar Milik SYL pada Makassar

JAKARTA – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita rumah mewah milik mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam Kelurahan Pandang, Kecamatan Panakkukang, Perkotaan Makassar, Rabu, 15 Mei 2024.

“Tim penyidik melakukan penyitaan aset yang digunakan diduga milik SYL sebagai satu rumah yang berada ke Kelurahan Pandang, Kecamatan Panakkukang, Perkotaan Makassar,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, Kamis (16/5/2024).

“Diperkirakan nilai rumah mencapai Rp4,5 miliar kemudian sumber uangnya dari MH (M Hatta) selaku pemukim kepercayaan SYL,” sambungnya.

KPK pada waktu ini fokus melacak aset-aset hasil korupsi SYL. KPK akan datang terus melakukan upaya penyitaan terhadap aset hasil korupsi SYL untuk mengatasi kerugian keuangan negara.

“Tim Aset Tracing dari Direktorat Pelacakan Aset Pengelolaan Barang Bukti serta Eksekusi KPK masih akan terus melakukan penelurusan untuk memback up pengumpulan alat bukti dari kelompok penyidik,” kata Ali.

“Diharapkan sitaan ini dapat menjadi aset recovery di putusan pengadilan nantinya,” sambungnya.

Sebelumnya, KPK juga menyita mobil Mercedes Benz Sprinter milik SYL. Penyitaan yang dimaksud terkait tindakan hukum Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Ali mengatakan, temuan Tim Aset Tracing dari Direktorat Pelacakan Aset Pengelolaan Barang Bukti kemudian Eksekusi KPK, mobil yang dimaksud disembunyikan dalam Kelurahan Jatipadang, Pasar Minggu, Ibukota Selatan.

“Mobil yang disebutkan diduga milik SYL yang tersebut sengaja disembunyikan dan juga dipindahtangankan dan juga kemudian didapati pada penguasaan warga terdekat tersangka,” ujar Ali.

Diketahui, KPK menetapkan SYL sebagai dituduh tindakan hukum TPPU. “Tersangka SYL turut pula disangkakan melanggar Pasal 3 lalu atau 4 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di dalam Gedung KPK, Jakarta, Jumat, 13 Oktober 2023.

Artikel ini disadur dari KPK Sita Rumah Mewah Rp4,5 Miliar Milik SYL di Makassar