Sports

Kisah Shin Tae-yong Dilempar Telur oleh Suporter Korea Selatan, Kini Dipuji Publik Negara Indonesia

9
×

Kisah Shin Tae-yong Dilempar Telur oleh Suporter Korea Selatan, Kini Dipuji Publik Negara Indonesia

Sebarkan artikel ini
Kisah Shin Tae-yong Dilempar Telur oleh Suporter Korea Selatan, Kini Dipuji Publik Negara Indonesia

Video lawas instruktur Timnas U-23, Shin Tae-yong atau STY pada waktu dilempar telur busuk kembali tersebar luas dalam media sosial. Pria dengan syarat Korea Selatan itu diketahui pernah dilempar telur oleh penggemar sepak bola dalam negaranya sendiri.

Pada video yang mana ditaruh akun X @jalanparis, tampak STY yang tersebut berada dalam melakukan jumpa pers bersatu grup asuhannya. Kala itu STY menjadi salah satu instruktur Timnas Korea Selatan.

Pada video yang dimaksud tampak STY lalu Timnas Korea Selatan mendapat lemparan telur juga guling. Perlakuan tak menyenangkan itu meraka dapatkan usai tersingkir pada fase grup Piala Planet 2018 ke Rusia.

Video yang dimaksud kembali ramai pasca Shin Tae-yong menyebabkan Timnas Nusantara U-23 lolos ke semifinal PIala Asia U-23 2024. Skuad Garuda Muda lolos pasca bermain imbang 2-2 dan juga meraih kemenangan putaran adu penalti dengan skor 11-10.

Perjalanan Shin Tae-yong pada Timnas Tanah Air tidak ada terus-menerus mulus. Awalnya, ia mendapat kritik oleh sebab itu belum mampu menyebabkan trofi bagi Nusantara dan juga kritik menghadapi kecenderungan untuk mencari pemain naturalisasi.

Namun, acara Shin Tae-yong mulai membuahkan hasil. Sebelum kontraknya berakhir, ia menghadirkan Timnas Indonesi U-23 lolos ke putaran final untuk pertama kalinya pada sejarah. Prestasinya semakin lengkap dengan kemenangan-kemenangan gemilang, di antaranya ketika mengalahkan Vietnam dua kali pada pertandingan penyisihan grup.

Meskipun kontraknya seharusnya berakhir pada Desember 2023, PSSI memberinya kesempatan untuk masih menangani Timnas Indonesi U-23 di putaran final Piala Asia U-23 2024. Prestasi Shin Tae-yong ke Piala Asia U-23 2024 membuahkan pujian, yang digunakan kemudian dihadiri oleh dengan perpanjangan kontrak hingga 2027 oleh PSSI.

Pertemuan Timnas Nusantara U-23 dengan Korea Selatan ke putaran perempat final menunjukkan permainan memukau dari Garuda Muda dalam bawah asuhan Shin Tae-yong. Meskipun di dalam masa setelah itu ia menerima perlakuan kurang baik dari suporter Korea, sekarang ini ia mendapat dukungan penuh dari ribuan suporter Tanah Air yang tersebut memadati stadion.

Artikel ini disadur dari Kisah Shin Tae-yong Dilempar Telur oleh Suporter Korea Selatan, Kini Dipuji Masyarakat Indonesia