Berita

Kemenag Ajak Publik Ikuti Pergerakan Hari Sejuta Kiblat pada 27 Mei 2024

12
×

Kemenag Ajak Publik Ikuti Pergerakan Hari Sejuta Kiblat pada 27 Mei 2024

Sebarkan artikel ini
Kemenag Ajak Publik Ikuti Pergerakan Hari Sejuta Kiblat pada 27 Mei 2024

JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) mengundang rakyat untuk berpartisipasi pada pergerakan Hari Sejuta Kiblat pada Senin, 27 Mei 2024. Pertemuan ini memanfaatkan momen “Rashdul Qiblah” atau “Istiwa’ A‘zham,” sewaktu sikap matahari tepat di dalam berhadapan dengan Ka’bah.

Direktur Urusan Agama Islam lalu Pembinaan Syariah Adib menjelaskan, Hari Sejuta Kiblat bertujuan untuk memberi pemahaman untuk penduduk bahwa siapa sekadar dapat mengukur arah kiblat, tanpa memerlukan keahlian atau peralatan khusus.

“Di pada waktu istiwa’ a‘zham, siapa saja, tanpa perlu mempunyai keahlian atau perangkat teknologi khusus, dapat ‘meluruskan’ arah kiblatnya sendiri,” ujar Adib pada Jakarta, Kamis (23/5/2024).

Adib melanjutkan, pada waktu yang sudah pernah diperhitungkan melalui metode ilmu falak, bayangan semua benda yang dimaksud berdiri tegak lurus akan sejajar dengan arah kiblat.

Peristiwa astronomi ini muncul dua kali di setahun, umumnya pada 27-28 Mei lalu 15-16 Juli, sewaktu deklinasi matahari serupa dengan lintang geografis Ka’bah.

Menurut Adib, Hari Sejuta Kiblat ini tidak untuk mengubah arah kiblat, khususnya bagi masjid yang mana telah diukur sebelumnya. Namun, acara ini bertujuan untuk menginformasikan terhadap penduduk bahwa merek dapat mengukur arah kiblat dengan sederhana pada tanggal tersebut.

“Momen istiwa’ a‘zham ini bersifat konfirmatif sehingga jikalau telah benar, momen ini akan menegaskan kebenaran arah kiblat. Jika belum benar atau ada keraguan, ini berubah menjadi kesempatan terbaik untuk memverifikasi arah kiblat,” jelas Adib.

Hari Sejuta Kiblat yang tersebut diinisiasi Kemenag melibatkan seluruh aspek rakyat di dalam Indonesia untuk mengukur arah kiblat secara serentak ke tempat tiap-tiap pada 27 Mei 2024. Acara ini juga menawarkan doorprize dengan total nilai Rp20 juta.

Untuk berpartisipasi pada pergerakan Hari Sejuta Kiblat, penduduk dapat mengikuti persyaratan serta ketentuan berikut:

1. Mengisi Formulir melalui link: s.id/harisejutakiblat
2. Follow Instagram @bimasislam juga @harisejutakiblat
3. Upload foto pada waktu melakukan pengukuran arah kiblat
4. Tag dan juga mention akun @harisejutakiblat

Artikel ini disadur dari Kemenag Ajak Masyarakat Ikuti Gerakan Hari Sejuta Kiblat pada 27 Mei 2024