Berita

Dirjen Tanaman Pangan Ngaku Dapat Ancaman Dinonjobkan ketika Terlambat Setoran ke SYL

11
×

Dirjen Tanaman Pangan Ngaku Dapat Ancaman Dinonjobkan ketika Terlambat Setoran ke SYL

Sebarkan artikel ini
Dirjen Tanaman Pangan Ngaku Dapat Ancaman Dinonjobkan sewaktu Terlambat Setoran ke SYL

JAKARTA – Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) , Suwandi menyatakan pernah mendapat ancaman dinonjobkan pada waktu terlambat ‘menyetorkan’ permintaan mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) . Hal itu ia ungkapkan pada waktu berubah menjadi saksi pada sidang persoalan hukum dugaan pemerasan juga gratifikasi ke lingkungan Kementan.

Awalnya, Jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menanyakan saksi perihal peringatan keras yang tersebut disampaikan Sekjen Kementan, Kasdi Subagyono.

“Saat itu momentumnya di konteks apa? kok tanpa peringatan diberi peringatan?” tanya Jaksa di dalam ruang sidang Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (15/5/2024).

“Terkait dengan urunan Pak, dikarenakan kami sulit, ditagih-ditagih terus Pak, permintaan itu tadi Pak ada risikonya,” jawab Saksi.

“Jadi saudara belum memenuhi ketika itu?” tanya Jaksa lagi.

“Ya sulit Pak, kadang bisa, kadang enggak, berat Pak,” jawab Saksi.

Singkatnya, Jaksa kemudian membacakan berita acara pemeriksaan (BAP) Suwandi Nomor 30.

“Mohon izin saya bacakan Yang Mulia, tegasnya sudah ada saksi jelaskan, ‘bahwa saya pernah memperoleh ancaman tidak ada secara langsung dari SYL, melalui Kasdi sebagai Sekjen, oleh sebab itu saya terlambat merespons permintaan dari SYL terkait dengan urunan sharing Eselon I untuk keinginan nonbudgeter SYL. Yang seingat saya, Kasdi pernah menyampaikan untuk saya dengan kalimat, ‘Pak Dirjen apabila tak memenuhi sudah ada tahu risikonya ya’. Maksudnya Kasdi menyampaikan apabila saya tidak ada memenuhi permintaan urunan nonbudgeter SYL, maka saya akan dinonjobkan juga jabatan hilang’,” tutur Jaksa membacakan BAP.

“Betul? Itu yang mana saksi maksud?” lanjut Jaksa bertanya.

Artikel ini disadur dari Dirjen Tanaman Pangan Ngaku Dapat Ancaman Dinonjobkan saat Terlambat Setoran ke SYL