Kesehatan

Berapa Hari pasca Haid Masa Subur? Begini Cara Menghitung Siklus Ovulasi

9
×

Berapa Hari pasca Haid Masa Subur? Begini Cara Menghitung Siklus Ovulasi

Sebarkan artikel ini
Berapa Hari pasca Haid Masa Subur? Begini Cara Menghitung Siklus Ovulasi

JAKARTA Masa subur pada siklus haid atau menstruasi penting untuk diketahui oleh dia yang digunakan sedang merencanakan miliki anak. Siklus menstruasi rata-rata khalayak adalah antara 28-32 hari. Beberapa warga memiliki siklus yang tersebut lebih tinggi pendek, sementara yang tersebut lain memiliki siklus yang dimaksud lebih lanjut panjang.

Hari pertama haid seseorang dianggap sebagai hari pertama siklus menstruasi mereka. Periode dia biasanya berlangsung selama 3–7 hari. Variasi di siklus menstruasi biasanya muncul pada fase folikuler yang terbentuk sebelum ovulasi.

Dilansir dari Medical News Today, Hari Sabtu (27/4/2024) fase luteal, yang digunakan muncul dari ovulasi ke periode berikutnya biasanya berlangsung selama 14 hari. Ovulasi terbentuk pada saat salah satu ovarium mengurangi sel telur juga melakukan pergerakan ke arah tuba, lalu melakukan perjalanan ke rahim sekitar 24 jam.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, ovulasi terbentuk sekitar 14 hari sebelum seseorang mengharapkan untuk miliki menstruasi berikutnya jikalau siklus bulanan dia adalah 28 hari.

Kebanyakan pemukim berovulasi antara hari 11-21 dari siklus mereka. Hari pertama periode menstruasi terakhir mereka (LMP) adalah hari ke 1 dari siklus. Ovulasi tak selalu berjalan pada hari yang mana mirip setiap bulan serta dapat bervariasi satu hari atau lebih besar pada kedua sisi tanggal yang digunakan diharapkan.

Dokter mengatakan bagian dari siklus pada sekitar ovulasi sebagai jendela subur dikarenakan kemungkinan kehamilan paling tinggi ketika ini. Misalnya, jikalau ovulasi berlangsung pada hari ke-14, seseorang dapat hamil pada hari itu atau di 24 jam berikutnya.

Namun, masa subur dia dimulai beberapa hari sebelum ovulasi lantaran sperma dapat bertahan hingga 5 hari di pada tubuh wanita. Jadi, bahkan apabila seseorang tidak ada berhubungan seks pada hari ke-14 atau 15, masih kemungkinan besar untuk hamil jikalau mereka itu berhubungan seks tanpa menggunakan kontrasepsi pada hari 9-13.

Menurut penelitian dari 2018, kemungkinan pembuahan meningkat dari hari ke-8, mencapai maksimumnya pada hari ke-13 dan juga mengecil bermetamorfosis menjadi nol pada hari ke-30. Namun, penting untuk dicatat bahwa temuan ini seharusnya hanya sekali bertugas sebagai pedoman. Setiap pemukim dan juga setiap siklus berbeda.

Artikel ini disadur dari Berapa Hari setelah Haid Masa Subur? Begini Cara Menghitung Siklus Ovulasi