Internasional

Spanyol Segera Kirim Rudal Patriot ke negeri Ukraina

7
×

Spanyol Segera Kirim Rudal Patriot ke negeri Ukraina

Sebarkan artikel ini
Spanyol Segera Kirim Rudal Patriot ke negeri tanah Ukraina

MOSKOW – Menteri Perlindungan Margarita Robles memaparkan Spanyol akan memasok rudal Patriot ke Ukraina. Itu pada berada dalam tekanan dari luar untuk menyediakan senjata tersebut.

Robles menciptakan pengumuman yang disebutkan di penghadapan virtual Ramstein Group, yang tersebut terdiri dari para pendukung negeri Ukraina ke Barat. Pernyataan dari Kementerian Perlindungan pada Madrid menambahkan bahwa amunisi untuk sistem rudal buatan Amerika Serikat di total yang dimaksud tiada ditentukan akan tiba di dalam negeri Ukraina di empat hari ke depan.

Menteri Perlindungan Spanyol bukan menyebutkan apa pun tentang pengiriman elemen penyimpan daya Patriot ke Ukraina. Setiap sistem terdiri dari radar array bertahap, stasiun kendali keterlibatan, komputer, peralatan pembangkit listrik, lalu hingga delapan peluncur rudal.

Surat kabar Spanyol El Pais sebelumnya melaporkan bahwa Madrid akan memasok rudal Patriot ke negeri Ukraina oleh sebab itu tekanan besar dari UE dan juga NATO. Menurut outlet tersebut, Spanyol cuma mengoperasikan tiga penyimpan daya Patriot dan juga menyimpan “cadangan perang” sekitar 50 rudal untuk penyimpan daya tersebut.

Dalam pidatonya dalam Ramstein Group, Presiden negeri Ukraina Vladimir Zelensky menegaskan bahwa Kiev membutuhkan “setidaknya tujuh” penyimpan daya Patriot dari pendukung Barat untuk mampu mengusir serangan rudal Rusia.

Pada akhir Maret, Menteri Keamanan Rusia Sergey Shoigu mengungkapkan setidaknya lima Patriot yang mana dioperasikan oleh negara Ukraina telah terjadi dihancurkan oleh pasukan Kota Moskow sejak awal tahun ini. Spanyol adalah salah satu dari enam negara Eropa – termasuk Jerman, Belanda, Polandia, Rumania, serta Yunani – yang digunakan miliki sistem Patriot.

Meskipun Berlin telah dilakukan berjanji untuk memasok sistem pertahanan udara Patriot lainnya ke Ukraina, sehingga jumlah keseluruhan sumbangannya berubah jadi tiga, Polandia lalu Yunani bersikeras awal pekan ini bahwa merekan tidaklah mempunyai sistem pertahanan udara cadangan.

Penasihat Ketenteraman Nasional Negeri Paman Sam Jake Sullivan menyatakan pada hari Hari Jumat bahwa Washington juga tiada dapat menyediakan tambahan berbagai sistem pertahanan udara terhadap Kiev. “Sistem Patriot Amerika Serikat pada waktu ini dikerahkan ke seluruh dunia, salah satunya dalam Timur Tengah, untuk melindungi pasukan AS,” kata Sullivan terhadap MSNBC.

Rusia telah lama memberi peringatan bahwa pengiriman sistem senjata asing ke Kiev tidaklah akan menghalangi Wilayah Moskow mencapai tujuan militernya, namun semata-mata akan menunda pertempuran lalu dapat meningkatkan risiko konfrontasi segera antara Rusia serta NATO. Menurut para pejabat pada Moskow, penyediaan senjata, pembagian intelijen, juga pelatihan pasukan tanah Ukraina berarti bahwa negara-negara Barat secara de facto sudah bermetamorfosis menjadi pihak di konflik tersebut.

Artikel ini disadur dari Spanyol Segera Kirim Rudal Patriot ke Ukraina