Sports

Shin Tae-yong Minta Maaf Hancurkan Mimpi Korea Selatan ke Olimpiade Paris 2024

8
×

Shin Tae-yong Minta Maaf Hancurkan Mimpi Korea Selatan ke Olimpiade Paris 2024

Sebarkan artikel ini
Shin Tae-yong Minta Maaf Hancurkan Mimpi Korea Selatan ke Olimpiade Paris 2024

DOHA – Instruktur Tim Nasional (Timnas) Tanah Air U-23, Shin Tae-yong , minta maaf dikarenakan telah terjadi menyebabkan tren lolos Korea Selatan U-23 dalam Olimpiade harus terhenti. Meski menyayangkan negaranya bukan dapat tampil pada Olimpiade, di dalam sisi lain Shin Tae-yong juga mencoba menyebabkan Timnas Negara Indonesia U-23 raih hasil manis.

Timnas Nusantara U-23 secara mengejutkan berhasil kalahkan Korea Selatan U-23 ke putaran perempat final Piala Asia U-23 2024. Skuad Garuda Muda singkirkan skuad muda Taeguk Warriors -julukan Timnas Korea Selatan- lewat fase adu penalti pasca imbang 2-2 ke waktu normal.

Hasil ini memproduksi Korea Selatan U-23 harus tersingkir kemudian dipastikan absen main di dalam Olimpiade 2024 Paris. Padahal, mereka itu bukan pernah absen untuk tampil dalam Olimpiade sejak edisi 1998. Tapi sekarang, rekor apik mereka itu harus dipatahkan oleh Timnas Indonesi U-23 yang mana dipimpin oleh sosok Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menyampaikan permohonan maafnya terhadap penduduk Korea Selatan dikarenakan pastinya sangat terpukul dengan patahnya tren positif tersebut. Namun, beliau yang mana menjabat sebagai ahli Timnas Indonesi U-23 juga ingin menghadirkan skuadnya terbang besar pada kancah dunia.

“Saya minta maaf terhadap rakyat Republik Korea. Saya benar-benar minta maaf. Saya benar-benar minta maaf dikarenakan telah lama memunculkan kesulitan bagi rakyat. Namun, saya mencoba keras untuk mengangkat harkat kemudian martabat bangsa Indonesia,” kata Shin Tae-yong, dilansir dari Naver, hari terakhir pekan (26/4/2024).

Andai Korea Selatan U-23 tak tersingkir, kemungkinan besar dia akan tampil ke Olimpiade untuk yang tersebut ke-10 kalinya berturut-turut. Shin Tae-yong pun cukup sedih juga sebab rekor apik negaranya harus putus ke tangannya sendiri.

“Jujur perasaan saya adalah apabila Korea melaju untuk ke-10 kalinya berturut-turut, itu akan berubah jadi rekor yang digunakan tak akan pernah dipecahkan dalam dunia,” tuturnya.

“Saya sangat menyesal telah lama memecahkan rekor tersebut. Impian saya untuk sepak bola Tanah Air bisa saja mengambil bagian Piala Planet jikalau kedepannya lolos ke fase ketiga kualifikasi Piala Dunia,” sambung Shin Tae-yong.

Sementara, kemenangan melawan Korea Selatan U-23 menghasilkan Timnas Indonesi U-23 mencatatkan sejarah dengan berhasil melaju ke sesi semifinal untuk pertama kalinya. Untuk lawan dalam semifinal, Skuad Garuda Muda akan berhadapan dengan pemenangan laga Uzbekistan U-23 versus Arab Saudi U-23 yang akan bertandingan waktu malam hari ini pukul 21.00 WIB.

Artikel ini disadur dari Shin Tae-yong Minta Maaf Hancurkan Mimpi Korea Selatan ke Olimpiade Paris 2024