Internasional

Sering Unggah Konten Tidak Senonoh, Bintang TikTok Irak Om Fahad Ditembak Mati pada Baghdad

8
×

Sering Unggah Konten Tidak Senonoh, Bintang TikTok Irak Om Fahad Ditembak Mati pada Baghdad

Sebarkan artikel ini
Sering Unggah Konten Tidak Senonoh, Bintang TikTok Irak Om Fahad Ditembak Mati pada Baghdad

BAGHDAD – Seorang bintang TikTok asa Irak , yang dimaksud dikenal oleh banyak ribu pengikut daringnya sebagai Om Fahad, ditembak meninggal pada serangan larut di malam hari ke luar rumahnya pada distrik Zayouna, Baghdad timur.

Rekaman kamera pengintai menangkap serangan pada Jumat, menunjukkan orang penyerang yang mengenakan pakaian gelap dan juga helm turun dari kendaraan beroda dua motor, berjalan menuju SUV hitam dan juga menembak Om Fahad, yang digunakan duduk di dalam.

Kementerian Dalam Negeri mengungkapkan telah lama membentuk kelompok untuk menyelidiki pemicu pembunuhan tersebut.

Om Fahad, yang digunakan bernama asli Ghufran Sawadi, populer di dalam TikTok dengan hampir setengah jt pengikut sebab membagikan video dirinya menari mengikuti musik pop.

Pada bulan Februari 2023, ia dijatuhi hukuman enam bulan penjara oleh pengadilan yang digunakan memutuskan bahwa videonya berisi “ucapan tidaklah senonoh yang tersebut merendahkan kesopanan kemudian moralitas masyarakat”. Beberapa videonya menciptakan tambahan dari satu jt penayangan.

Lima pembuat konten online lainnya juga menerima hukuman penjara hingga dua tahun pada ketika itu, juga penyelidikan diperkenalkan terhadap warga lain.

Hal ini muncul setelahnya Kementerian Dalam Negeri Irak pada bulan Januari 2023 meluncurkan sebuah komite untuk menemukan “konten tak senonoh lalu merendahkan” yang digunakan diposting secara online oleh influencer seperti Om Fahad di upaya untuk mempertahankan “moral kemudian tradisi keluarga” pada warga Irak.

Hal ini juga menciptakan sebuah media online di dalam mana pengguna Irak didorong untuk melaporkan konten semacam itu agar dihapus. Pihak berwenang mengklaim pada ketika itu bahwa masyarakat menyambut baik sistem yang dimaksud serta puluhan ribu laporan telah dilakukan didaftarkan oleh masyarakat.

Beberapa pembuat konten online terpaksa memohonkan maaf juga menghapus beberapa konten mereka setelahnya tindakan keras yang dikerjakan oleh kementerian.

Artikel ini disadur dari Sering Unggah Konten Tidak Senonoh, Bintang TikTok Irak Om Fahad Ditembak Mati di Baghdad