Sports

Jokowi Ucapkan Selamat Timnas Tanah Air Tembus Semifinal Piala Asia U-23 2024: Prestasi Luar Biasa

5
×

Jokowi Ucapkan Selamat Timnas Tanah Air Tembus Semifinal Piala Asia U-23 2024: Prestasi Luar Biasa

Sebarkan artikel ini
Jokowi Ucapkan Selamat Timnas Tanah Air Tembus Semifinal Piala Asia U-23 2024: Prestasi Luar Biasa

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons kemenangan Timnas Negara Indonesia U-23 yang dimaksud mengalahkan Timnas Korea Selatan pada putaran perempat final Piala Asia U-23. Menurut Jokowi kemenangan yang disebutkan merupakan sebuah prestasi luar biasa timnas Indonesia. Hal itu, katanya, berubah menjadi sejarah baru lantaran Timnas U-23 Negara Indonesia berhasil lolos pertama kalinya ke sesi semifinal.

“Prestasi luar biasa dari Tim Nasional (Timnas) Sepakbola U-23 Indonesi setelahnya mengalahkan Korea Selatan dalam perempat final Piala Asia AFC U-23. Pertama kalinya Nusantara berhasil mencapai fase semifinal di dalam kompetisi ini, sangat bersejarah!,” kata Jokowi dikutipkan dari akun X miliknya, hari terakhir pekan (26/4/2024).

Jokowi pun mengucapkan selamat dan juga memberikan semangat terhadap Timnas U-23 Nusantara di menjalankan laga semifinal nantinya juga bisa jadi meraih tiket untuk Olimpiade Paris 2024.

“Selamat terhadap timnas Garuda Muda! Semoga pada putaran semifinal, Indonesi dapat memanfaatkan potensi sebaik-baiknya kemudian meraih tiket menuju Olimpiade Paris 2024. Teruslah bersemangat, Timnas Indonesia!,” kata Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, Timnas Indonesia U-23 secara mengejutkan mampu mengukir sejarah dengan lolos ke semifinal untuk pertama kalinya usai menang melalui drama adu penalti 11-10 setelahnya bermain imbang 2-2 di 120 menit dengan Timnas Korea Selatan. Laga yang disebutkan diselenggarakan pada hari terakhir pekan (26/4) dini hari pada Stadion Abdullah

Hingga 90 menit laga, skor 2-2 tak berubah. Wasit terpaksa melanjutkan pertandingan ke fase tambahan. Dua kali fase tambahan (120 menit laga), tak ada gol tambahan tercipta. Wasit Shaun Evans terpaksa menentukan pemenang melalui drama adu penalti.

Dalam drama tos-tosan, Skuad Garuda Muda menang dengan skor 11-10 Kejayaan sensasional ini menyebabkan Tanah Air U-23 berpeluang lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Tiga regu teratas secara otomatis lolos ke pesta olahraga empat tahunan itu (juara Piala Asia U-23, runner up, kemudian peringkat ketiga). Sementara, satu kelompok peringkat empat dijadwalkan berhadapan dengan peringkat keempat regional Afrika, Guinea U-23 untuk mendapatkan tiket Olimpiade Paris 2024.

Artikel ini disadur dari Jokowi Ucapkan Selamat Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23 2024: Prestasi Luar Biasa