Berita

Gempa Garut Dirasakan ke Sejumlah Daerah, Begini Klarifikasi BMKG

6
×

Gempa Garut Dirasakan ke Sejumlah Daerah, Begini Klarifikasi BMKG

Sebarkan artikel ini
Gempa Garut Dirasakan ke Sejumlah Daerah, Begini Klarifikasi BMKG

JAKARTA – Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,2 yang berpusat di dalam Kota Garut, Jawa Barat, pada Sabtu, 27 April 2024 tadi malam. Guncangan yang disebutkan dirasakan hingga ke banyak daerah.

Ketua Badan Meteorologi, Klimatologi, dan juga Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, menjelaskan hal itu berjalan disebabkan titik gempa yang disebutkan berpusat di dalam kedalaman 70 kilometer. Dengan kedalaman tersebut, tentu memproduksi sebaran daripada getaran gempa pun akan semakin luas.

“Hal ini mengakibatkan radiasi atau sebaran gelombang gempa ini, sebaran getarannya ini memang benar akan terasa semakin luas. Jadi semakin di itu terasa semakin luas,” kata Dwikorita, Hari Minggu (28/4/2024) pagi.

Sebaliknya, kata dia, apabila semakin dangkal pusat gempa yang dimaksud maka kemungkinan sebarannya ke banyak wilayah lainnya pun akan semakin kecil.

“Kalau semakin dangkal, itu tambahan lokal dampak getarannya, tapi relatif lebih lanjut membinasakan akibat lebih tinggi dekat dengan sumber gempa meskipun magnitude-nya tidaklah sekuat yang digunakan berjalan kemarin. Kalau pada seperti kemarin ini, spektrumnya, radiasi dari gelombang gempa ini akan lebih lanjut luas, hingga mencapai Jawa Timur juga,” ujarnya.

Artikel ini disadur dari Gempa Garut Dirasakan ke Sejumlah Daerah, Begini Penjelasan BMKG