Sports

BYD Denza D9: Kecanggihan BYD, Kenyamanan Alphard, kemudian Kelegaan Staria

7
×

BYD Denza D9: Kecanggihan BYD, Kenyamanan Alphard, kemudian Kelegaan Staria

Sebarkan artikel ini
BYD Denza D9: Kecanggihan BYD, Kenyamanan Alphard, kemudian Kelegaan Staria

JAKARTA – Inilah salah satu mobil yang digunakan paling banyak bikin penasaran di dalam booth BYD di dalam IIMS 2024: Denza D9. Mobil ini miliki kecanggihan BYD, kenyamanan Toyota Alphard, dan juga kelegaan Hyundai Staria. Seperti apa?

Denza masih jadi bagian dari sub brand Build Your Dreams (BYD Auto). BYD punya 4 sub-brand. Yang pertama BYD, dengan Ocean Series (BYD Seal, BYD Dolphin) kemudian Dinasty Series (BYD Han, BYD Song, BYD Atto 3).

Lalu, ada Denza untuk mobil-mobil premium. Disusul Yangwang yang merupakan kendaraan sport kemudian ultra luxury, dan juga terakhir kendaraan hobi Fang Cheng Bao.

SINDONews sudah ada pernah mencoba secara langsung Denza D9 ke Shenzen, dan juga merasakan bagaimana mobil ini mempunyai ciri yang mana sangat banyak, canggih, dan juga enak sekali. Denza D9 tergolong mobil baru. Baru dirilis pada Agustus 2023 pada China. Harganya mulai Rp850 juta-Rp1 miliar untuk model full listrik. Sementara varian Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dibanderol Rp700 juta-Rp955 juta.

Adapun Denza D9 yang tersebut dipamerkan pada IIMS 2024 adalah varian Battery Electric Vehicle (BEV).

Denza D9 menggunakan e-platform 3.0 milik BYD. Artinya, mobil ini sejak awal dirancang lalu difungsikan untuk mobil listrik. Artinya, bagian dek bawahnya rata dan juga tak ada sel yang digunakan menonjol.

Sebab, BYD membedakan antara varian listrik lalu PHEV. Karena Denza D9 PHEV memakai plaform DM-i.

BYD Denza D9: Kecanggihan BYD, Kenyamanan Alphard, kemudian Kelegaan Staria

Khusus model PHEV, jangkauannya mencapai 945 km-1040 km, dengan 190 km khusus menggunakan baterai. Sudah menggalang 80 kW DC fast charging, sementara konsumsi BBM-nya adalah 6,2 liter per 100 km.

Model PHEV juga menggunakan mesin turbo 1.5 liter dengan motor elektrik EHS170 electric hybrid system. Sementara itu, Denza D9 full listrik memilik jarak maksimal 620 km kemudian ciri pengecasan hingga 166 kW.

Banyak yang dimaksud membandingkan Denza D9 dengan Toyota Alphard. Tapi, harus diingat bahwa secara dimensi Denza D9 ini lebih banyak mirip Staria.

Artikel ini disadur dari BYD Denza D9: Kecanggihan BYD, Kenyamanan Alphard, dan Kelegaan Staria