Berita

BMKG: Waspadai Kemungkinan Cuaca Ekstrem ke Periode Peralihan Musim

6
×

BMKG: Waspadai Kemungkinan Cuaca Ekstrem ke Periode Peralihan Musim

Sebarkan artikel ini
BMKG: Waspadai Kemungkinan Cuaca Ekstrem ke Periode Peralihan Musim

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, kemudian Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan serius dini peluang cuaca ekstrem yang mana masih bisa jadi mengintai dalam periode peralihan musim hujan ke kemarau.

BMKG memonitor, masih terjadinya hujan intensitas sangat lebat hingga ekstrem sejak tanggal 22 April 2024 pada beberapa wilayah di dalam Indonesia, antara lain di dalam Luwu Utara (Sulawesi Selatan), Banjarbaru (Kalimantan Selatan), Kapuas Hulu (Kalimantan Barat), dan juga Tanjung Perak Surabaya (Jawa Timur).

“Kondisi yang disebutkan turut menyebabkan terjadinya bencana hidrometeorologi di beberapa wilayah,” kata Deputi Sektor Meteorologi BMKG, Guswanto di penjelasan resminya, Hari Sabtu (27/4/2024).

Berdasarkan informasi perkembangan musim BMKG, diketahui sekitar 63 persen wilayah Zona Musim diprediksi mengalami Awal Musim Kemarau pada bulan Mei hingga Agustus 2024, juga untuk ketika ini di dalam periode pertengahan April beberapa wilayah masih cukup basah serta terjadi hujan.

Guswanto mengungkapkan, pada sepekan ke depan, BMKG mengidentifikasi masih adanya peluang peningkatan curah hujan secara signifikan, yakni di sebagian besar Sumatra, Jawa bagian barat serta tengah, sebagian Kalimantan lalu Sulawesi, Maluku, dan juga sebagian besar Papua.

“Potensi hujan signifikan terjadi dikarenakan kontribusi dari aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO), Gelombang Kelvin dan juga Rossby Equatorial, juga kondisi suhu muka laut yang digunakan hangat pada perairan wilayah sekitar Indonesia. Hal ini tentu cuma dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di dalam beberapa wilayah pada Indonesia,” pungkasnya.

Artikel ini disadur dari BMKG: Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem di Periode Peralihan Musim