Kesehatan

Apakah Boleh Mengganti Nasi dengan Mi? Hal ini Keterangan Ahli Gizi

8
×

Apakah Boleh Mengganti Nasi dengan Mi? Hal ini Keterangan Ahli Gizi

Sebarkan artikel ini
Apakah Boleh Mengganti Nasi dengan Mi? Hal ini Keterangan Ahli Gizi

JAKARTA – Mengganti nasi dengan mi di beberapa hidangan kemungkinan besar merupakan pilihan yang digunakan memenuhi selera atau keinginan pribadi Anda. Namun, penting untuk memperhatikan beberapa hal sebelum mengonsumsinya.

Salah satunya adalah zat nutisi. Nasi serta mi miliki komposisi nutrisi yang digunakan berbeda. Nasi cenderung lebih lanjut rendah lemak serta kalori dibandingkan mi . Sementara mi biasanya mengandung lebih besar sejumlah protein.

Sebelum mengganti nasi dengan mi, pastikan untuk menyesuaikan asupan nutrisi Anda dari sumber lain di makanan untuk melakukan konfirmasi keseimbangan nutrisi yang mana baik. Penting juga untuk memperhatikan porsi makanan.

Di mana mi cenderung tambahan padat kalori dan juga karbohidrat dibandingkan nasi. Sehingga pastikan Anda tidaklah makan terlalu berbagai mi untuk mengelakkan konsumsi kalori berlebihan.

Ahli gizi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes mengutarakan bahwa roti, mi juga pasta tiada termasuk makanan yang dimaksud rendah kalori. Bahkan kalori ketiganya lebih banyak tinggi dibandingkan dengan nasi putih.

“Roti, mi serta pasta tidaklah ringan. Kandungan kalorinya justru lebih tinggi tinggi daripada nasi putih,” kata Dr. Rita dikutipkan dari akun Instagram pribadinya, @ritaramayulis, Hari Sabtu (20/4/2024).

Ketua Tanah Air Asosiasi Ahli Gizi Olahraga (ISNA) itu juga mengungkap kalori yang dimaksud dimiliki nasi putih ada banyaknya 175 kalori per 100 gram nasi. Namun 100 gram roti putih bisa jadi mengandung kalori hampir 218 kalori.

Sedankan, per 100 gram mi kering di jenis apapun mengandung kalori mencapai 350 kalori. “Nasi putih 100 gramnya isi kalorinya 175 kkal, tapi kalo 100 gram roti putih itu mengandung 218 kkal,” jelasnya.

Artikel ini disadur dari Apakah Boleh Mengganti Nasi dengan Mi? Ini Penjelasan Ahli Gizi