Berita

Anak SYL Disebut Turut Usulkan Nama untuk Jabatan Tertentu ke Kementan

9
×

Anak SYL Disebut Turut Usulkan Nama untuk Jabatan Tertentu ke Kementan

Sebarkan artikel ini
Anak SYL Disebut Turut Usulkan Nama untuk Jabatan Tertentu ke Kementan

JAKARTA – Anak mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) , Kemal Redindo disebut turut mengusulkan nama untuk menduduki jabatan tertentu di Kementerian Pertanian (Kementan).

Hal itu diungkapkan oleh eks Plt Kepala Biro Umum kemudian Pengadaan Kementan, Zulkifli, yang tersebut dihadirkan JPU untuk bersaksi di sidang lanjutan perkara dugaan gratifikasi dan juga pemerasan SYL dalam PN Tipikor, DKI Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2024).

Mulanya Ketua Majelis Hakim, Rianto Adam Pontoh menegaskan pertanyaan JPU terkait pekerjaan Kemal. Zulkifli pun menjawab bahwa anak SYL itu bekerja dalam Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kemudian, Pontoh pun mengonfirmasi peran Kemal turut mengusulkan nama di pengisian jabatan ke Kementan. Pontoh mempertanyakan usulan itu diterima padahal Kemal bukanlah bagian dari Kementan.

“Kemudian, tadi kalau ndak salah dengar, beliau juga mengusulkan nama-nama untuk menduduki jabatan tertentu di dalam Kementerian. Kemudian saudara tadi menjawab dibahas, kenapa enggak sejak dari awal ditolak? Karena ini khalayak luar. Itu pertanyaannya. Mudah dijawab,” tanya Pontoh pada sidang.

“Betul yang tersebut mulia,” jawab Zulkifli.

Pontoh pun menegaskan kembali, pertanyaannya usulan nama yang tersebut diajukan Kemal diterima. Padahal Kemal bukanlah bagian dari Kementan. “Kenapa saudara harus membahas, menerima serta membahas? Walaupun itu usulan dari orang, penduduk lain maksudnya gitu,” kata Pontoh.

“Ya oleh sebab itu usulannya itu, izin melapor yang tersebut mulia, izin menjelaskan itu sudah ada kami lapor ke Pak Sekjen sebagai atasan kami lalu eselon I-nya,” sambung Zulkifli.

“Oke, awalnya saudara sudah ada mengetahui bahwa yang dimaksud mengusulkan itu saudara Dindo ? Tahu saudara bahwa yang digunakan mengusulkan itu saudara dindo?” tanya Pontoh.

Artikel ini disadur dari Anak SYL Disebut Turut Usulkan Nama untuk Jabatan Tertentu di Kementan