Kesehatan

6 Tips Mempertahankan Bidang Kesehatan ke Musim Panas, Waspadai Heatstroke

10
×

6 Tips Mempertahankan Bidang Kesehatan ke Musim Panas, Waspadai Heatstroke

Sebarkan artikel ini
6 Tips Mempertahankan Area Bidang Kesehatan ke Musim Panas, Waspadai Heatstroke

JAKARTA – Memasuki musim kemarau dengan cuaca panas ekstrem yang akan datang, Kemenkes mengimbau penduduk untuk kekal menyimpan kebugaran dari berubah-ubah kemungkinan penyakit yang tersebut dapat menyerang kesegaran apabila tak memperhatikan diri pada waktu menghadapi cuaca panas.

Masyarakat diimbaukan mempersiapkan diri menghadapi cuaca panas dengan menyimpan tubuh permanen terhidrasi dengan baik, menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30, istirahat yang tersebut cukup, kemudian meminimalisir kegiatan dalam luar ruangan yang mana berlebihan.

Adapun penyakit yang mana rentan menyerang pada waktu cuaca panas melanda dapat dalam bentuk dehidrasi, iritasi kulit, sakit kepala migrain, lelah berlebihan, panas dalam, demam tinggi yang tersebut disebabkan suhu panas, hingga heatstroke.

Diketahui, heatstroke merupakan suatu keadaan yang digunakan disebabkan oleh tubuh kepanasan, biasanya akibat paparan atau aktivitas fisik di suhu tinggi pada waktu lama.

Bentuk cedera panas yang paling serius ini, yaitu sengatan panas, dapat terbentuk jikalau suhu tubuh Anda meningkat hingga 104 F (40 C) atau lebih besar tinggi. Kondisi ini paling banyak berlangsung pada bulan-bulan musim panas.

Serangan panas memerlukan perawatan darurat. Serangan panas yang dimaksud tidak ada diobati dapat dengan cepat merusak otak, jantung, ginjal, kemudian otot. Kerusakan akan semakin parah apabila perawatan ditunda lebih besar lama, sehingga meningkatkan risiko komplikasi serius atau kematian.

Selain penyakit yang digunakan menyerang fisik, cuaca panas juga dapat mempengaruhi keadaan emosional seseorang, seperti enteng marah, linglung, serta stres.

Untuk menjauhi beragam prospek penyakit yang dapat menyerang tubuh, kamu dapat mempertahankan keseimbangan dengan tips berikut;

1. Minum air putih agar tubuh terhidrasi serta tak kekurangan cairan. Disarankan minum 8 gelas air putih sehari.
2. Mengkonsumsi buah kaya dengan air, seperti semangka, kelapa lalu jeruk.
3. Menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 agar terlindungi dari sinar UV lalu dianjurkan memakai tabir surya setiap dua jam sekali, khususnya apabila sedang beraktivitas di luar ruangan atau ruangan yang mana terpapar sinar matahari.
4. Meminimalisir kegiatan dalam luar ruangan yang digunakan terkena paparan sinar matahari segera serta hindari berada ke bawah paparan sinar matahari pada jangka waktu yang lama.

5. Menggunakan pakaian yang mana mengakomodasi keringat lalu menghentikan dermis agar terhindar dari dermis terbakar juga kering. Hindari juga pakaian berwarna gelap yang tersebut dapat mengangkat panas.
6. Tetap rutin olahraga secukupnya agar tubuh terus-menerus fit.

MG/ Kayla Nathaniel Bilbina

Artikel ini disadur dari 6 Tips Menjaga Kesehatan di Musim Panas, Waspadai Heatstroke