Internasional

4 Keunggulan Pesawat Kiamat Rusia, Bisa Jadi Pusat Komando

8
×

4 Keunggulan Pesawat Kiamat Rusia, Bisa Jadi Pusat Komando

Sebarkan artikel ini
4 Keunggulan Pesawat Kiamat Rusia, Bisa Jadi Pusat Komando

MOSKOW – Pesawat kiamat milik Presiden Rusia Vladimir Presiden Rusia adalah Ilyushin Il-80 dengan konfigurasi khusus yang juga disebut sebagai “Flying Kremlin”.

Dua MiG-29 kerap mengawal Il-80 yang mana disebut “Maxdome”. Selain itu, partisipan penting lainnya pada flypast ini adalah pesawat strategis Tu-95MS lalu Tu-160, pesawat tempur generasi kelima Su-57, serta pembom jarak terpencil Tu-22M3.

4 Keunggulan Pesawat Kiamat Rusia

1. Pusat Komando serta Kantor Kepresidenan Rusia dalam Angkasa

4 Keunggulan Pesawat Kiamat Rusia, Bisa Jadi Pusat Komando

Foto/AP

Melansir Firepost, Il-80 Maxdome adalah pesawat Ilyushin Il-86 yang digunakan dimodifikasi serta diubah menjadi pusat komando serta kendali lintas udara, juga kantor kepresidenan Rusia di angkasa. Pesawat yang disebutkan dilaporkan melakukan penerbangan pertamanya pada tahun 1985, juga dilantik pada tahun 1987.

Empat pesawat sudah dibuat, kemudian tiga masih di pelayanan. Pesawat semacam itu diperlukan untuk digunakan apabila infrastruktur komando berbasis darat hancur akibat pertempuran nuklir atau bencana besar, kemudian peran pesawat ini mirip dengan Boeing E-4B milik Angkatan Atmosfer Negeri Paman Sam (USAF).

2. Tidak Memiliki Jendela

Pesawat Il-80 tiada mempunyai jendela, kecuali kaca depan kokpit dan juga panel samping pandangan langsung. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi peralatan elektronik yang mana sensitif lalu kru operasional dan juga pengambil tindakan dari radiasi nuklir, lalu gelombang elektromagnetik yang mana diakibatkannya.

Yang ada hanya sekali pintu depan dek berhadapan dengan ke sebelah kiri kemudian pintu belakang dalam sebelah kanan. Hanya ada satu pintu tangga udara, bukanlah tiga pintu biasa. Bahkan jendela belakang kokpit ditutup dengan sekat. Berbeda dengan pesawat standar Il-86, Il-80 memiliki dua pod generator listrik besar, panjang 9,5 meter, dipasang di dalam pada nacelles mesin.

3. Memiliki Sistem Komunikasi Canggih

Seperti E-4B, pesawat ini mempunyai kano SATCOM punggung, yang dimaksud diyakini menampung peralatan komunikasi satelit canggih, lalu antena kawat tambahan yang dipasang di bagian belakang badan pesawat untuk transmisi lalu penerimaan radio tingkat kejadian sangat rendah (VLF).

Ini mungkin saja untuk komunikasi dengan kapal selam rudal balistik. Pesawat dapat mengisi unsur bakar di penerbangan. Pesawat ini mempunyai dua generator listrik eksternal untuk memenuhi keinginan elektronik tambahan dalam di pesawat. Pesawat yang disebutkan ditugaskan ke Divisi Penerbangan Tujuan Khusus ke-8 pada pangkalan udara Chkalovsky dekat Kota Moskow dan juga dapat dilihat pada gambar.

4. Selalu Diperbaharui

Melansir Firepost, pesawat kiamat Rusia berikutnya adalah Il-96-400M. Ini adalah akan berubah menjadi versi upgrade dari pesawat sipil bermesin empat. Pekerjaan yang disebutkan dilaporkan sedang berlangsung di dalam Voronezh. Jangkauan penerbangan pesawat baru ini akan dua kali lipat dari pendahulunya, dan juga mengomunikasikan secara efektif dengan kekuatan nuklir strategis di jarak sekitar 6.000 kilometer.

Pesawat yang disebutkan akan mempunyai sistem pertahanan diri yang mana sangat kuat juga akan terus-menerus dikawal oleh pesawat tempur pertahanan udara. Pesawat ini akan mempunyai pelindung efek nuklir serta termal yang digunakan terpencil tambahan baik, kontrol akustik, juga pendingin udara yang tersebut ditingkatkan untuk mendinginkan perangkat elektronik penghasil panas yang lebih banyak kuat.

Pesawat yang disebutkan kemungkinan akan dikerahkan sekitar tahun 2026. Pada tahun 2020, salah satu pesawat disusupi melalui palka kargo, dan juga dirampok ketika menjalani perawatan. 39 buah peralatan radio, beberapa di dalam antaranya mempunyai komponen listrik berwarna emas kemudian platinum, dicuri di kejadian yang digunakan sangat memalukan ini.

Artikel ini disadur dari 4 Keunggulan Pesawat Kiamat Rusia, Bisa Jadi Pusat Komando