Berita

18 Tips Senam Haji Tanah Air yang mana Benar untuk Jemaah Haji Negara Indonesia

8
×

18 Tips Senam Haji Tanah Air yang mana Benar untuk Jemaah Haji Negara Indonesia

Sebarkan artikel ini
18 Tips Senam Haji Tanah Air yang digunakan mana Benar untuk Jemaah Haji Negara Nusantara

Inilah 18 tips Senam Haji Indonesi yang dimaksud benar serta harus dilakukan jemaah haji Negara Indonesia untuk merawat kebugaran tubuh sebelum menunaikan ibadah haji 2024. Tips melakukan Senam Haji Tanah Air yang benar ini disampaikan Dokter Irma Ruslina Devi SKKFR dari Perhimpunan Dokter Spesialis Bidang kedokteran Fisik lalu Rehabilitasi (Perdosri) serta Perhimpunan Medis Haji Indonesi (Perdoki).

Dokter Irma memberikan tips agar Senam Haji Negara Indonesia bisa saja maksimal memberikan efek kegunaan bagi tubuh para jemaah haji Indonesia. Berikut 18 Tips Senam Haji Nusantara yang dimaksud benar.

1. Jemaah haji harus mengecek denyut nadi setiap sebelum memulai Senam Haji Indonesia.
2. Apabila jemaah haji merasa pusing, debar-debar, nyeri pada pergelangan tangan kemudian pergelangan kaki lutut mampu istirahat dulu atau tempat duduk.
3. Senam Haji Tanah Air ini boleh diwujudkan dengan sikap berdiri maupun tempat duduk tergantung situasi tubuh per individu jemaah haji.
4. Jemaah haji yang tersebut mempunyai gangguan mental nyeri atau gangguan jiwa keseimbangan terasa tidak ada stabil pada pada waktu senam maka bisa jadi berpegangan. Tapi, bukanlah berpegangan pada temannya. Jemaah haji bisa saja berpegangan pada sesuatu yang kokoh.
5. Jemaah haji tidak ada boleh memaksakan diri untuk berdiri jikalau tiada kuat.
6. Lakukan Senam Haji Nusantara secara rutin 3 sampai 5 kali pada seminggu serta yang mana disarankan adalah selama 30 menit.
7. Senam Haji Tanah Air dikerjakan hanya sekali 10 menit sampai 11 menit. Artinya, pada 1 hari boleh dilaksanakan berjumlah 3 kali. Awal Hari apabila memungkinkan. Kalau bukan memungkinkan, cukup satu kali pada sehari.
8. Senam Haji Nusantara sebaiknya diwujudkan berkelompok. Apabila salah satu jemaah ada keluhan, entah itu pusing berdebar ataupun secara tiba-tiba merasa ingin jatuh maka ada teman yang tersebut akan membantu. Jadi jemaah haji diminta untuk melakukannya secara berkelompok minimal 2 orang.
9. Konsultasi ke dokter sebelum memulai Senam Haji Indonesia. Apabila jemaah haji punya penyakit darah tinggi, diabetes, jantung, asam urat, kelebihan trigliserida maupun lipid mohon dikonsultasikan dulu untuk dokter.
10. Jemaah Haji diminta memperhatikan pesan-pesan dari dokter jika dibandingkan memaksakan Senam Haji Indonesia. Jemaah haji diminta menuruti instruksi dokter.
11. Sebelum Senam Haji Indonesia jemaah haji harus minum air putih. Jemaah haji diharuskan minum air putih sebelum senam dengan minimal 250cc.
12. Apabila pada ketika nanti berolahraga atau melakukan senam ini tanpa peringatan pusing berdebar, keringat dingin kemudian nyeri mohon dengan segera berhenti serta mencari tempat untuk duduk. Jemaah haji jangan memaksakan diri salah satunya apabila ada gangguan mental keseimbangan.
13. Apabila jemaah haji melakukan Senam Haji Nusantara dengan duduk, mohon duduk tegak oleh sebab itu postur tubuh yang dimaksud tegak itu sangat membantu kesempurnaan.
14. Senam ke pesawat. Nanti pada ketika duduk di pesawat ataupun pada pada waktu melakukan ibadah ke tanah suci, jemaah haji diminta duduk tegak tanpa bersandar apabila memungkinkan. Tapi jikalau tiada mungkin saja silakan bersandar kemudian kemudian menggunakan alas kaki yang digunakan rata tidak ada dengan hak tinggi.
15. Jemaah haji diminta memakai sepatu kets pada waktu senam. Dilarang menggunakan sandal tapi harus menggunakan sepatu yang dimaksud bagus yang anti slip tak licin sehingga pada pada waktu melakukan senam tubuh dapat seimbang.
16. Senam Haji sebaiknya dilaksanakan 2 jam sesudah makan. Jangan dengan segera pasca makan.
17. Peregangan pada pesawat. Jemaah haji mampu melakukan peregangan ke di pesawat mampu dijalankan paling tidaklah minimal tiap 2 jam di dalam pesawat. Kenapa oleh sebab itu jemaah haji Indonesi akan duduk selama 9 jam penerbangan dari Ibukota ke Makkah.
18 Pergerakan peregangan di dalam pesawat nanti akan dipandu latihannya juga oleh para pramugari ke pesawat.

Artikel ini disadur dari 18 Tips Senam Haji Indonesia yang Benar untuk Jemaah Haji Indonesia