Lifestyle

Waspada paparan sinar matahari pada kebugaran bibir

10
×

Waspada paparan sinar matahari pada kebugaran bibir

Sebarkan artikel ini
Waspada paparan sinar matahari pada kebugaran bibir

DKI Jakarta – Tidak belaka epidermis secara keseluruhan, kesehatan epidermis ke bibir juga akan terganggu apabila terus terpapar sinar matahari.

Ditulis laman Well and Good, hari terakhir pekan (28/6), dokter lapisan kulit bersertifikat dalam La Jolla, California Amerika Serikat Azadeh Shirazi, MD mengutarakan bibir sangat rentan terhadap sengatan matahari juga kecacatan akibat sinar matahari.

Kulit dalam bibir Anda tidaklah cuma sangat tipis dan juga halus, tetapi juga tiada memiliki sejumlah pigmen pelindung (alias melanin) dibandingkan dengan lapisan kulit dalam bagian tubuh lainnya. Mengoleskan lip balm atau lip gloss tanpa SPF akan memperburuk keadaan.

"Kilauan dari produk-produk ini sebenarnya memperbesar sinar UV matahari dan juga meningkatkan tingkat kerusakan," imbuh Dr. Shirazi.

Tanda-tanda umum seseorang terlalu banyak terpapar sinar matahari menurut Klinik Cleveland, dapat mencakup kemerahan parah pada kulit, rasa sakit atau sensitivitas, epidermis melepuh atau terkelupas, dehidrasi, mual, pusing, kebingungan, di persoalan hukum yang tersebut parah lingsan atau sesak napas.

Sementara pada bibir, ada tambahan gejala terpapar matahari yang digunakan parah lainnya seperti kemerahan parah, pembengkakan, lepuh berisi cairan akibat paparan sinar matahari, rasa sakit yang mana parah sehingga menyebabkan sulit makan, minum, atau berbicara, gatal, kekeringan, mengelupas, serta berkeropeng pada waktu luka bakar mulai sembuh.

Mengatasi keracunan matahari pada bibir sanggup diwujudkan dengan perawatan rumahan, asalkan luka bakar yang disebutkan tidaklah menyebabkan gejala sistemik (yang menghasilkan Anda benar-benar merasa sakit).

Jalan keluar yang digunakan menenangkan (soothing) yang biasa digunakan untuk mengatasi dermis terbakar matahari parah di bagian tubuh lain, bisa saja diwujudkan untuk pencegahan ekstra agar bibir Anda tetap lembut.

Cara lainnya menurut Mayo Clinic juga dr. Shirazi adalah hindari sinar matahari, mulailah minum berbagai air agar bibir tidaklah kering, kompres dingin dengan es yang dilapisi handuk selama 20 menit, gunakan semprotan antiseptik.

Coba juga menggunakan pengobatan alami lidah buaya untuk menenangkan epidermis pasca terbakar sinar matahari. Gunakan juga pelembab bibir yang tersebut menyehatkan juga jangan memencet agar lepuhan di dalam bibir tidak ada meradang.
 

 

Artikel ini disadur dari Waspada paparan sinar matahari pada kesehatan bibir