Sports

Turnamen Tenis Wimbledon 2024 Mulai Bergulir: Alcaraz, Sinner, Medvedev, Naomi Osaka, kemudian Coco Gauff Lewati Babak Pertama

6
×

Turnamen Tenis Wimbledon 2024 Mulai Bergulir: Alcaraz, Sinner, Medvedev, Naomi Osaka, kemudian Coco Gauff Lewati Babak Pertama

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Turnamen tenis grand slam Wimbledon 2024 sudah dimulai. Pada hari pertama, Senin, 1 Juli, banyak nama besar mampu lolos ke sesi kedua, salah satunya Carlos Alcaraz, Jannik Sinner, Daniil Medvedev, Naomi Osaka, serta Coco Gauff.

Carlos Alcaraz sempat kesulitan pada waktu mengalahkan petenis kualifikasi peringkat 269 Mark Lajal dari Estonia. Ia sempat ketinggalan dua set sebelum menang 7-6(7/3), 7-5, 6-2.

Alcaraz mengaku terkejut dengan perlawanan Lajal. “Dia memainkan pertandingan yang sangat bagus, beliau jelas sedikit mengejutkan saya akibat saya tidaklah memiliki kesempatan untuk melihatnya bermain banyak,” kata dia.

Petenis berusia 21 tahun itu sedang mengejar penghargaan Grand Slam keempatnya dan juga berharap berubah jadi pendatang keenam setelahnya Rod Laver, Bjorn Borg, Roger Federer, Rafael Nadal, lalu Novak Djokovic yang mana memenangi French Open kemudian Wimbledon berturut-turut.

“Menginjak lapangan ini, Centre Court Wimbledon, itu adalah lapangan terindah yang mana pernah saya mainkan,” ujar Alcaraz.

“Saya masih merasa gugup di mana bermain di dalam sini. Saya bermain selama 45 menit di di lokasi ini pada hari Kamis juga ini adalah pertama kalinya saya merasa gugup pada waktu berlatih. Saya senang kemudian saya adalah khalayak yang tersebut mendapat kehormatan untuk bermain ke lapangan ini.”

Dalam pertandingan lain, petenis nomor satu globus Jannik Sinner mengalahkan petenis Jerman Yannick Hanfmann 6-3, 6-4, 3-6, 6-3.  Sedangkan unggulan kelima jika Rusia Daniil Medvedev melaju ke sesi kedua menang 6-3, 6-4, 6-2 melawan petenis Amerika Serikat Aleksandar Kovacevic.

Naomi Osaka Lolos

Sementara itu, mantan petenis nomor satu globus Naomi Osaka meraih kemenangan pertamanya di Wimbledon sejak 2018. Ia mengalahkan Diane Parry dari Prancis 6-1, 1-6, 6-4 dengan 34 winner.

“Rasanya seperti mimpi dikarenakan saya telah berkali-kali tidaklah bermain di sini,” kata Osaka, yang dimaksud terakhir kali tampil pada All England Club pada 2019.

Petenis Negeri Matahari Terbit Naomi Osaka. REUTERS/Edgar Su

“Saya harap ini menyenangkan untuk ditonton semua orang. Saya sangat bersemangat berada pada di tempat ini sebab Wimbledon adalah kejuaraan pertama yang mana saya tonton tahun setelah itu pasca kehamilan saya.”

Osaka mengutarakan beliau terinspirasi untuk meraih kemenangan dengan meninjau sekilas foto-fotonya tahun lalu, pada waktu beliau melahirkan putrinya Shai. “Saya sedang mengamati album foto saya. Seperti, pada fasilitas ‘saat ini tahun lalu’. Saya sedang meninjau itu. Saya sedang mengamati foto diri saya dalam rumah sakit,” ujar dia.

“Sungguh menyenangkan berada pada di tempat ini sekarang. Saya pikir pola pikir saya tahun setelah itu cuma mencoba untuk bertahan hidup. Sejujurnya, saya tak begitu tahu apa yang berjalan setelahnya saya melahirkan. Ya, hanya saja mencoba menyatukan diri kembali.”

Pada laga lain, Coco Gauff menang dua set secara langsung menghadapi rekan senegaranya dengan syarat Negeri Paman Sam Caroline Dolehide dengan skor 6-1, 6-2. 

Sebelumnya, juara Australia Terbuka peringkat ketiga Aryna Sabalenka mengundurkan diri dari kompetisi yang dimaksud dikarenakan cedera bahu, sementara unggulan kedelapan Zheng Qinwen disingkirkan oleh petenis kualifikasi Selandia Baru Lulu Sun.

Artikel ini disadur dari Turnamen Tenis Wimbledon 2024 Mulai Bergulir: Alcaraz, Sinner, Medvedev, Naomi Osaka, dan Coco Gauff Lewati Babak Pertama