Entertainment

Tim Muhibah Angklung Memikat Penonton di Festival Internasional Cantanhede Portugal

7
×

Tim Muhibah Angklung Memikat Penonton di Festival Internasional Cantanhede Portugal

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Grup seni selama Jawa Barat, Tim Muhibah Angklung, memukau penonton dari beraneka negara di Festival Internasional Cantanhede, Portugal. Mereka tiba dalam Portugal pada Sabtu, 6 Juli 2024 juga sudah mengatur empat penampilan di berubah-ubah kota.

Sambutan meriah dan juga standing applause dari penonton, peserta, juga panitia festival mengiringi setiap penampilan mereka. Duta Besar Republik Negara Indonesia (Dubes RI) untuk Portugal, Rudy Alfonso, bahkan memberikan apresiasi terhadap keberhasilan Tim Muhibah Angklung.

Tim Muhibah Angklung Suguhkan Penampilan Spesial juga Dihadiri Kedubes RI

Dubes RI Rudy Alfonso, dengan istri serta perwakilan dari Kedutaan Besar RI (KBRI) ke Lisabon, menempuh perjalanan 2,5 jam ke Cantanhede pada 8 Juli 2024, khusus untuk bertemu dan juga membantu Tim Muhibah Angklung. Dalam pertarungan dan juga makan siang bersama, Rudy menyatakan kebanggaannya terhadap anggota regu yang digunakan berasal dari berubah-ubah latar belakang pendidikan, namun bersatu demi mengharumkan nama Indonesia.

“Saya dengar rakyat di di sini sangat kagum serta terpesona dengan penampilan Tim Muhibah. Saya sangat berterima kasih dikarenakan telah lama menunjukkan kekayaan budaya Nusantara di mata rakyat Portugal. Membanggakan!,” ujar Rudy, dikutipkan melalui pernyataan tertoreh pada Rabu, 10 Juli 2024.

Dia berikutnya berterima kasih terhadap Tim Muhibah Angklung lantaran sudah menyuguhkan kekayaan budaya Negara Indonesia ke warga Portugal. Penampilan Tim Muhibah Angklung yang digunakan memukau ini juga mendapat perhatian khusus dari pejabat Kedutaan Besar RI di dalam Lisabon.

Nilton Amaral, Pejabat Fungsi Penerangan Sosial serta Budaya KBRI Lisabon, menyatakan kekagumannya terhadap angklung yang tersebut mampu meninggalkan kesan mendalam di dalam hati rakyat internasional. “Angklung sangat dikagumi di bumi internasional, khususnya oleh masyarakat Portugis,” tutur Amaral, diambil Rabu.

Baik Amaral lalu juga Rudy turut menjamin dukungan penuh KBRI Lisabon untuk penampilan puncak pada 13 Juli mendatang. “Semoga ini dapat bermetamorfosis menjadi penampilan terbaik lalu selamat juga untuk teman-teman semuanya,” kata Amaral, melanjutkan.

Variasi Penampilan hingga Perjalanan Budaya ke Berbagai Negara

Tak hanya saja pertunjukan angklung lalu tarian tradisional, Tim Muhibah Angklung juga menampilkan pertunjukan wayang serta mengadakan workshop untuk anak-anak. Keunikan budaya Negara Indonesia yang digunakan mereka tampilkan berhasil menantang perhatian luas, hingga dia berubah jadi satu-satunya regu dari beragam negara yang mana diundang untuk tampil di TV Nasional Portugal, RTP Play. Penampilan merekan yang mana mengagumkan ini dapat disaksikan melalui akun YouTube @angklungmuhibah.

Ketua Tim Muhibah Angklung, Maulana M. Syuhada, berikutnya mengungkapkan rencana perjalanan budaya selanjutnya ke beberapa negara, salah satunya Spanyol, Uni Emirat Arab, lalu Arab Saudi. Mereka akan berpartisipasi pada Festival Internasional Murcia lalu mengadakan konser di lokasi-lokasi ikonik di dalam Timur Tengah. 

“Bagi warga Indonesia di dalam Portugal, khususnya yang mana berada ke wilayah Coimbra, Cantanhede, serta sekitarnya, yang tersebut ingin mengikuti pertunjukan budaya Indonesia, mari datang kemudian saksikan penampilan Tim Muhibah Angklung. Tak lupa, WNI ke Spanyol, Uni Emirat Arab, lalu Arab Saudi, tungggu kedatangan kami ke sana!,” kata Maulana.

Perjalanan Misi Budaya Tim Muhibah Angklung

Adapun sebelumnya, Tim Muhibah Angklung telah lama sukses menjalankan misi budaya dalam bermacam benua, seperti Eropa pada 2016 yaitu Eropa meliputi Aberdeen, London (Inggris), Paris (Prancis), Westerlo (Belgia), Hamburg (Jerman), Cerveny Kostelec (Ceko), dan juga Zakopane (Polandia); kemudian ke Australia pada 2018 meliputi Melbourne, Canberra, Brisbane, lalu Sydney; kemudian ke Eropa lagi pada 2018 meliputi Berlin (Jerman), Budapest (Hongaria), Istanbul, Aksehir (Turki), Sozopol (Bulgaria), lalu Vevey (Swiss); juga Amerika Serikat pada 2022 meliputi New York, Washington, Chicago, Manitowoc, Boise, Burley, Springville, dan juga San Fransisco.

Namun, misi budaya Tim Muhibah Angklung masih menghadapi kendala dana. Maulana berharap adanya dukungan dari masyarakat, pemerintah, perusahaan, maupun pihak lain untuk berubah menjadi donatur, sponsor, atau mitra kerja sama. Bagi pihak yang dimaksud akan membantu, selengkapnya dapat menghubungi mereka melalui email di dalam management@angklungmuhibah.id. 

Artikel ini disadur dari Tim Muhibah Angklung Memikat Penonton di Festival Internasional Cantanhede Portugal