Internasional

Sri Lanka tidak ada izinkan lagi kapal penelitian asing masuk perairannya

3
×

Sri Lanka tidak ada izinkan lagi kapal penelitian asing masuk perairannya

Sebarkan artikel ini
Sri Lanka tak ada  izinkan lagi kapal penelitian asing masuk perairannya

Tokyo – Otoritas Sri Lanka bukan berniat melanjutkan satu tahun moratorium yang dimaksud diberlakukan sejak 1 Januari 2024, untuk kapal-kapal penelitian asing yang tersebut memasuki wilayah perairannya, demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Sri Lanka, Ali Sabry untuk NHK, Sabtu

Pada Januari 2024, Kolombo memberlakukan satu tahun moratorium untuk kapal-kapal penelitian asing yang memasuki wilayah perairannya menyusul banyak kapal penelitian China yang digunakan mencoba memasuki wilayah perairan Sri Lanka.

Peralatan yang mana dibawa kapal ilmiah China itu diyakini akan digunakan bukan hanya saja untuk permintaan penelitian maritim, tapi juga untuk eksplorasi dasar laut bagi operasi angkatan laut China dalam masa mendatang ke Samudera Hindia. Namun, pada Maret, pihak berwenang Sri Lanka mengizinkan kapal penelitian Jerman berlabuh di dalam pelabuhan Kolombo.

"Kami tak dapat memiliki aturan yang mana berbeda untuk negara yang digunakan berbeda. Kami tidak ada bisa saja melarang cuma China. Kami bukan akan melakukannya. Kami tiada akan memihak ke pihak tertentu," kata menteri luar negeri Sri Lanka.

Sri Lanka memiliki sumber daya maritim, oleh sebab itu penelitian laut merupakan elemen penting, tambah Sabry.

"Oleh oleh sebab itu itu kami percaya bahwa kami harus meningkatkan transparansi merek kemudian mengizinkan (kapal-kapal) untuk masuk," kata diplomat senior Sri Lanka tersebut.

Ia juga berterima kasih terhadap Negeri Sakura melawan niatnya untuk menyediakan kapal yang mana dilengkapi dengan sonar untuk memproduksi peta laut bagi Sri Lanka.

Sumber: Sputnik

Artikel ini disadur dari Sri Lanka tidak izinkan lagi kapal penelitian asing masuk perairannya