Lifestyle

Tren Mendebarkan Meniti Jembatan Gantung Setinggi 25 Unit dalam Hutan Mulu Sarawak Negara Malaysia

6
×

Tren Mendebarkan Meniti Jembatan Gantung Setinggi 25 Unit dalam Hutan Mulu Sarawak Negara Malaysia

Sebarkan artikel ini

Sarawak – Taman Nasional Gunung Mulu di Sarawak, Malaysia, tak belaka terkenal dengan gua-gua megahnya yang digunakan masuk pada platform warisan Global UNESCO. Taman nasional ini juga menawarkan pengalaman luar biasa melalui Canopy Walk, jembatan gantung yang tersebut menyebabkan pengunjung menjelajahi kanopi hutan hujan tropis dari ketinggian 25 meter dari melawan permukaan tanah.  

Tempo berkesempatan menjajal jembatan gantung yang dimaksud terbuat dari kayu juga terikat dengan tali baja sepanjang 440 meter itu pada Rabu, 3 Juli 2024.  

Canopy Walk merupakan jalur jembatan gantung yang menghubungkan pohon-pohon raksasa yang mana berada ke berada dalam hutan hujan Gunung Mulu. Untuk mencapai jembatan gantung ini, Tempo kemudian pengunjung lainya berjalan memasuki hutan sekitar 1,5 kilometer atau 20-30 menit berjalan kaki. Ditemani dua pemandu dari National Park Mulu, kami berjalan beriringan menapaki jalan setapak  menuju pintu masuk Canopy Walk. 

Setelah sampai di pintu masuk Canopy Walk, kami menaiki tangga kayu sesudah itu mulai melangkah menuju jembatan gantung. 

Suasana jalan masuk ke Canopy Walk di National Park Mulu Sarawak, Malaysia, Rabu 3 Juli 2024. TEMPO/ JONIANSYaH HARDJONO

Langkah yang tersebut Mendebarkan 

Langkah pertama ketika kaki menjejak jembatan gantung kayu dengan lebar sekitar 30 sentimeter itu masih terasa biasa, namun pada saat berada dalam berada dalam jalan, jembatan itu mulai bergetar, bergoyang, kemudian mengeluarkan bunyi.  

Saat itu, sensasi jantung mulai berdebar kencang kemudian lutut terasa berat untuk digerakkan. Ada rasa ngeri di mana mengamati ke bawah jembatan, terhampar sungai dan juga bebatuan yang tersebut terjal kemudian hijaunya hutan Mulu.  

Jalur Canopy Walk sepanjang 480 meter terbagi pada tujuh bagian. Setiap bagian mempunyai panjang juga kelenturan yang dimaksud berbeda-beda. Ada yang dimaksud panjangnya 30 meter juga 50 meter. Setiap bagian yang digunakan dilewati, pengunjung bisa jadi mendebarkan napas kemudian istirahat sebentar dalam tempat pemberhentian.  

Bagian yang mana paling mendebarkan justru di sedang canopy walk. Di titik ini jalur yang digunakan dilalui cukup panjang kemudian melengkung, sehingga getaran semakin hebat sewaktu kaki melangkah. Tak ada alat pengaman untuk melangkah di dalam berhadapan dengan jembatan ini.

Pengunjung belaka  berpegangan dengan tali baja pada sisi jembatan. Jika telah melangkah ke melawan jembatan tak sanggup mundur lagi dan juga harus terus berjalan sampai titik finish, dikarenakan pengunjung lain telah mengantre untuk melangkah. Pengelola membatasi jembatan belaka dilalui dua orang, sehingga saat berjalan harus bergantian serta mengantisipasi pengunjung lainnya tiba di dalam tempat pemberhentian.  

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya

Artikel ini disadur dari Sensasi Mendebarkan Meniti Jembatan Gantung Setinggi 25 Meter di Hutan Mulu Sarawak Malaysia