Otomotif

Selain Spionam, Berikut Sederet Aplikasi Perizinan Milik Kementerian Perhubungan

13
×

Selain Spionam, Berikut Sederet Aplikasi Perizinan Milik Kementerian Perhubungan

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Menteri Perjalanan kemudian Sektor Bisnis Kreatif Sandiaga Uno mengingatkan para pelaku pariwisata serta sektor ekonomi kreatif untuk terlibat mengecek data kelayakan kendaraan di perangkat lunak Spionam Kementerian Perhubungan . “(Cek) bus mana yang lolos penilaian melalui aplikasi mobile Spionam. Sehingga, tiada berjalan (kecelakaan),” kata Sandiaga pada acara The Weekly Brief with Sandi Uno dalam Kemenparekraf, Senin, 13 Mei 2024

Hal yang dimaksud disampaikan Sandiaga merespons kecelakaan bus Trans Putera Fajar yang menghadirkan rombongan study tour siswa SMK Lingga Kencana mengalami kecelakaan ke Subang, Jawa Barat, Hari Sabtu malam, 11 Mei 2024.  Kecelakaan maut yang dimaksud menyebabkan 12 khalayak tewas serta 17 warga mengalami luka berat.

Sistem Perizinan Online Angkutan Darat kemudian Multimoda atau SPIONAM merupakan layanan Kementerian Perhubungan untuk memberikan kemudahan operator di mengajukan perizinan dalam bidang angkutan kemudian multimoda. Dikutip dari Hubdat.dephub.go.id, SPIONAM juga mencantumkan masa berlaku uji kendaraan hingga keabsahan angkutan barang, angkutan khalayak pada trayek, maupun angkutan warga tak pada trayek.

Kementerian Perhubungan tidaklah cuma menyediakan aplikasi mobile Spionam di melayani perizinan. Kementerian Perhubungan mempunyai beberapa orang program guna meningkatkan pelayanan bidang transportasi. Berikut beberapa program pelayanan pada Kementerian Perhubungan.

1. AIR-SDP

Aplikasi Pengetahuan serta Registrasi Angkutan Sungai Danau dan juga Penyeberangan atau AIR-SDP adalah sebuah sistem informasi yang digunakan untuk membantu serangkaian perizinan penyelenggaraan sungai, danau lalu penyeberangan dalam lingkungan Kementerian Perhubungan khususnya Direktorat Transportasi Sungai, Danau dan juga Penyeberangan.

2. VTA online

VTA online adalah layanan uji tipe kendaraan bermotor yang digunakan menerbitkan kemudian mencetak Sertifikasi Uji Tipe (SUT) kemudian Sertifikasi Registrasi Uji Tipe (SRUT) dengan langkah-langkah yang digunakan singkat. Melalui program ini, SUT lalu SRUT diterbitkan pada jangka waktu paling lama 7 hari kerja sejak persyaratan diterima secara lengkap.

3. Si Andalan

Aplikasi Si Andalan adalah sebuah sistem pelayanan perizinan persetujuan Analisis Efek Lalu Lintas (ANDALALIN) pada lingkungan Kementerian Perhubungan. Saat ini pengurusan perizinan Andalalin dibagi bermetamorfosis menjadi tiga klaster, yakni perizinan untuk klaster bangkitan lalin yang rendah untuk pengurusan konstruksi seperti pertokoan, ruko, restoran, SPBU. Kemudian ada klaster bangkitan sedang seperti penyelenggaraan mall dan juga klaster bangkitan lalin yang lebih tinggi untuk perkembangan seperti kawasan industri.

4. Teman Bus

Teman Bus adalah kependekan dari Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal, kemudian Nyaman. Teman Bus merupakan pengembangan angkutan umum massal yang mana dirancang untuk mengintervensi pengembangan angkutan umum perkotaan yang digunakan dibutuhkan oleh masyarakat. Digulirkannya kegiatan ini harapannya adalah semakin berbagai masyarakat yang digunakan menggunakan angkutan umum.

5. E-Ticketing

E-Ticketing memberikan kemudahan pelayanan bagi warga pengguna jasa transportasi darat di memperoleh tiket perjalanan. Saat ini penumpang angkutan darat dapat memperoleh tiket dengan perangkat lunak E-Ticketing melalui beberapa mitra diantaranya Bank Mandiri, DPP Organda (DOKU, Alfamart, bosbis.com).

Selain itu, Kementerian Perhubungan miliki banyak aplikasi mobile lain yang melayani beraneka macam perizinan, seperti SKRB (Surat Keputusan Rancang Bangun) Online, SRUT-RB (Sertifikat Registrasi Uji Tipe Rancang Bangun) Online, E-SMK, lalu TDBUPJ (Tanda Daftar Badan Usaha Perlengkapan Jalan). Serta aplikasi mobile MyPerintis, MyKSPN, DIPASS, e-Tilang, SIwasOps, hingga SIPAJA.

Kemudian ada aplikasi mobile SIPERKAPAL (Sistem Perawatan lalu Pemeliharaan Kapal), SIJUKA (Sistem Pengajuan Perizinan Kapal Asing), SIMLALA (Sistem Manajemen Lalu Lintas Angkutan Laut), SITOLAUT (Sistem informasi Tol Laut), juga SIPERINTIS (Sistem Pencatatan Kemampuan Kapal Perintis). Sementara pada sektor transportasi udara, Direktorat Perhubungan mempunyai program SIDOPI-GO yang berfungsi untuk memudahkan serangkaian registrasi drone sekaligus sertifikasi pilot drone.

DEPHUB.GO.ID

Begini Cara Mengecek Kelayakan Bus di Aplikasi komputer Spionam

Artikel ini disadur dari Selain Spionam, Berikut Sederet Aplikasi Perizinan Milik Kementerian Perhubungan