Lifestyle

Rumah Marilyn Monroe disetujui jadi monumen budaya

8
×

Rumah Marilyn Monroe disetujui jadi monumen budaya

Sebarkan artikel ini
Rumah Marilyn Monroe disetujui jadi monumen budaya

Ibukota – Dewan Perkotaan Los Angeles di Amerika Serikat menyetujui pengusulan rumah Marilyn Monroe di lingkungan Brentwood sebagai monumen budaya bersejarah pada Rabu (26/6).

"Kediaman Marilyn Monroe pada Brentwood sekarang menjadi Monumen Sejarah-Budaya!" tulis The Los Angeles Conservancy dalam akun X.

Dalam unggahan ke akun X pada Rabu (26/6), organisasi penggerak upaya pelestarian bangunan bersejarah itu menyatakan bahwa Dewan Daerah Perkotaan Los Angeles sepakat menyetujui nominasi rumah terakhir Marilyn Monroe sebagai bangunan bersejarah.

Menurut siaran Variety, Monroe tinggal selama kurang lebih lanjut enam bulan ke rumah bergaya Kolonial Spanyol dengan empat kamar tidur itu tahun 1929, kemudian kemudian meninggal pada sana sebab overdosis pada 1962.

Dalam proposal untuk penetapan status rumah Monroe sebagai penunjuk sejarah, LA Conservancy menyampaikan bahwa rumah itu merupakan "tempat pertama yang digunakan ia cari juga beliau beli sendiri untuk dirinya ketika terlibat bekerja pada 1962."

Pemilik rumah, Brinah Milstein juga suaminya, pribadi produser acara realitas TV Roy Bank, membeli rumah itu tahun kemudian seharga 8,35 jt dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp137 miliar lalu berencana menghancurkannya untuk memperluas properti merekan di dalam sebelahnya.

Mereka berjuang selama setahun untuk menghentikan penetapan rumah itu sebagai bangunan bersejarah, yang digunakan menurut mereka akan menyebabkan tambahan berbagai gangguan mental bagi pengunjung.

Pemilik rumah telah dilakukan menggugat pemerintah kota, menuduh para pejabat "melakukan intrik dalam belakang" dan persoalan hukum ini dijadwalkan disidangkan pada 13 Agustus.

Dalam gugatannya, pemilik mengatakan bahwa rumah yang disebutkan sudah diubah secara substansial lalu tidaklah ada bukti yang tersisa dari masa Monroe tinggal pada sana, sehingga tidaklah memenuhi kriteria sebagai monumen budaya bersejarah.

Meskipun penetapan sebagai bangunan bersejarah tidak ada sepenuhnya dapat menghentikan pembongkaran suatu properti, status yang disebutkan mengharuskan penyelenggaraan serangkaian peninjauan bangunan ketat jikalau ada usul pembongkaran.

Anggota Dewan Daerah Perkotaan Los Angeles Traci Park sebelum pemungutan pengumuman mengemukakan bahwa tidaklah ada pemukim atau tempat lain di Pusat Kota Los Angeles yang digunakan ikonik seperti Marilyn Monroe kemudian rumahnya ke Brentwood. 

Artikel ini disadur dari Rumah Marilyn Monroe disetujui jadi monumen budaya