Sports

Respons PBVSI Soal Kesulitan Atlet Voli Putri Yolla Yuliana dengan Akun Fanbase Almirwan Tarkam

8
×

Respons PBVSI Soal Kesulitan Atlet Voli Putri Yolla Yuliana dengan Akun Fanbase Almirwan Tarkam

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Nusantara (PP PBVSI) Imam Sudjarwo angkat bicara mengenai hambatan atlet voli putri Nusantara Yolla Yuliana dengan akun Instagram fanbase voli Almirwan Tarkam. Ia menayangkan konten sensitif yang mana ditaruh akun yang dimaksud hingga menghasilkan para pemain risih.

“Mestinya kalau menurut saya jangan menampilkan sesuatu yang digunakan ranahnya pribadi. Wajar-wajar sekadar Yolla begitu (marah). Nanti dikiranya ia yang mau, kasihan dong dia. Harusnya kalau mengambil gambar itu yang mana wajar-wajar cuma sehingga mereka itu (para pemain) bisa saja terus aman ketika bertanding,” ujar ia pada wawancara sama-sama Tempo di Kantor Indosiar, Daan Mogot, Ibukota Indonesia Barat, Kamis, 27 Juni 2024.

Jagat media sosial sebelumnya diramaikan dengan unggahan Instagram Story Yolla Yuliana yang mana menegur akun Instagram fanbase voli Almirwan Tarkam, Minggu, 16 Juni lalu. Akun yang dimaksud dinilai kerap menampilkan konten yang digunakan menonjolkan area sensitif dari para atlet voli putri. Yolla bahkan mengancam akan menyebabkan permasalahan itu ke jalur hukum jikalau pemilik akun masih memproduksi konten serupa. Sikap yang disebutkan turut mendapat dukungan dari atlet voli putri lainnya, seperti Shella Bernadetha kemudian Hanifah Nahda Aisa.

Pemain voli Yolla Yuliana, seusai menjalani latihan mendekati laga  Tanah Air All Stars menghadapi Red Sparks. Latihan diwujudkan pada GOR Bulungan, Jakarta, Jumat, 19 April 2024. (ANTARA/FAJAR SATRIYO)

Unggahan Yolla dibagikan lagi oleh akun X Nusantara Volleyball pada hari yang mana sama, Minggu, 16 Juni. Sontak netizen juga memperkuat sikap Yolla yang dimaksud berniat mempolisikan pemilik akun tersebut. Mayoritas mengkaji konten-konten yang tersebut dibagikan Almirwan Tarkam sudah ada termasuk di kategori pelecehan.

Beredar kabar yang menyampaikan bahwa sosok di balik akun Almirwan Tarkam ini memiliki akses untuk datang ke pertandingan Proliga juga mengambil gambar dari pinggir lapangan. Namun hal itu dibantah oleh Imam Sudjarwo. Ia menegaskan bahwa PBVSI bukan sembarangan memberi akses ke penduduk yang tak berkewenangan.

“Enggak ada itu, kita punya pengawas. Kita enggak ada membagi ID begitu. Enggak ada kita memberikan akses itu, itu tiada benar. Kita punya SOP (Standar Operasional Prosedur) sendiri,” tuturnya.

Pemilik akun Almirwan Tarkam sendiri telah terjadi menyampaikan permohonan maaf terhadap para atlet dan juga pecinta voli Tanah Air. Kini, pihak dalam balik layar telah terjadi menghentikan akunnya pada semua jaringan media sosial.

Artikel ini disadur dari Respons PBVSI Soal Masalah Atlet Voli Putri Yolla Yuliana dengan Akun Fanbase Almirwan Tarkam