Lifestyle

Pura Mangkunegaran Surakarta bersiap gelar kejuaraan kirab 1 Sura

8
×

Pura Mangkunegaran Surakarta bersiap gelar kejuaraan kirab 1 Sura

Sebarkan artikel ini
Pura Mangkunegaran Surakarta bersiap peringkat turnamen kirab 1 Sura

Solo – Pura Mangkunegaran di Pusat Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, bersiap melaksanakan kirab 1 Sura pada Hari Minggu (7/7) pukul 19.00 Waktu Indonesia Barat untuk menyambut tahun baru di penanggalan Jawa.

Pengageng Praja Mangkunegaran KGPAA Mangkoenagoro X memaparkan bahwa sebagaimana pada tahun sebelumnya, kirab tahun ini akan dilaksanakan berpegang pada tradisi juga pakem.

"Namun dengan adanya penyesuaian, mengingat sejumlah yang tersebut hadir juga terlibat," katanya ke Solo, Jumat.

Ia mengemukakan bahwa rute kirab telah diperpanjang. Sebelumnya kontestan kirab hanya mengitari bangunan Pura Mangkunegaran, tetapi sekarang ini rute kirab sampai ke Jalan Slamet Riyadi.

"Kami menyita perhatian lebih besar sangat ke Ngarsopuro hingga Slamet Riyadi. Dengan dibangunnya koridor Ngarsopuro harapannya secara kebudayaan mampu lebih lanjut melibatkan rakyat sekitar," katanya.

Sebagaimana sebelumnya, KGPAA Mangkoenagoro X menjelaskan, kirab 1 Sura mencakup tapa bisu atau berjalan di kesunyian.

"Ini sebagai upaya untuk mewujudkan kebebasan batin dari gangguan mental hawa nafsu dan juga emosi, dan juga memperoleh keseimbangan batin di memasuki tahun yang digunakan baru," katanya.

Dia mengemukakan bahwa pusaka-pusaka milik Pura Mangkunegaran juga akan dikirab. "Jumlah pusaka nanti lihat dalam hari H," katanya.

KGPAA Mangkoenagoro X​​​​​​​ menyampaikan bahwa warga juga boleh mengambil bagian kirab.

"Kalau terlibat kirab kami akan senang sekali, yang mana penting sama-sama nyengkuyung (mendukung) kebudayaan dengan rasa kebersamaan," katanya.

Artikel ini disadur dari Pura Mangkunegaran Surakarta bersiap gelar kirab 1 Sura