Lifestyle

Psikolog: Waktu libur anak baiknya diisi dengan aneka aktivitas riil

6
×

Psikolog: Waktu libur anak baiknya diisi dengan aneka aktivitas riil

Sebarkan artikel ini
Psikolog: Waktu libur anak baiknya diisi dengan aneka aktivitas riil

Ibukota – Psikolog Novi Poespita Candra menyampaikan bahwa waktu libur sekolah anak sebaiknya lebih besar berbagai diisi dengan aneka aktivitas riil yang mana dapat memberikan pengalaman baik bagi anak dan juga membantu perkembangan mereka.

"Misal olahraga atau haiking, kemping, atau juga pengalaman sosial seperti kerja sosial, terlibat klub aktivitas liburan, mengunjungi keluarga," kata lulusan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta itu pada wawancara via daring pada Rabu.

"Atau juga kegiatan yang mana menstimulasi bahasa, misal bergabung kegiatan bahasa, lalu juga bahkan melatih anak-anak membantu khalayak tua," ia menambahkan.

Selama libur sekolah, menurut dia, perhatian anak-anak sebaiknya dialihkan dari permainan menggunakan gawai ke permainan yang tersebut mencakup interaksi tatap muka secara langsung dengan penduduk lain.

Novi menyarankan para pendatang tua memanfaatkan libur masa sekolah untuk memperbanyak dialog dengan anak, meningkatkan kedekatan anak dengan keluarga, dan membantu merekan mempersiapkan diri untuk kembali menjalani rutinitas belajar.

Ia mengatakan, keluarga juga bisa saja memanfaatkan waktu luang selama libur sekolah untuk meningkatkan keterampilan hidup anak juga memberikan pengalaman baru yang tersebut tidaklah didapat anak selama sekolah maupun pada waktu menggunakan gawai.

"Jadi, rekomendasi saya justru waktu liburan adalah waktu minim penyelenggaraan gadget (gawai)," katanya.

Menurut dia, khalayak tua selama liburan sekolah bisa jadi menerapkan pembatasan pemanfaatan gawai maksimal selama tiga jam sehari pada anak.

"Buat kesepakatan dengan anak-anak berapa jam pakai gadget pada sehari, kalau bisa jadi bukan lebih tinggi dari tiga jam sehari," kata Novi.

Ia menambahkan, pemukim tua selanjutnya juga mampu menghasilkan kesepakatan dengan anak perihal durasi penyelenggaraan gawai setelahnya kegiatan sekolah dimulai lagi.

Artikel ini disadur dari Psikolog: Waktu libur anak baiknya diisi dengan aneka aktivitas riil