Otomotif

Profil Sirkuit Silverstone Inggris, Tempat Balap Formula 1 Pertama Diselenggarakan

12
×

Profil Sirkuit Silverstone Inggris, Tempat Balap Formula 1 Pertama Diselenggarakan

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Pada 74 tahun yang lalu, tepatnya pada 13 Mei 1950, Silverstone, Inggris berubah menjadi tuan rumah untuk perlombaan Formula 1 yang digunakan pertama sepanjang masa. Hal ini merupakan fase pembuka dari musim perdana Kejuaraan Planet Formula 1 Fédération Internationale de l’Automobile (FIA). 

Juan Manuel Fangio juga Giuseppe Farina adalah dua pada antara beberapa peserta balap terkenal yang dimaksud berpartisipasi pada perlombaan tersebut. Giuseppe Farina dari Italia mengungguli perlombaan yang disebutkan dengan mengendarai Alfa Romeo. Perlombaan yang disebutkan menandai awal dari era Formula 1 modern yang mana kita kenal hari ini.

Profil Sirkuit Silverstone

Silverstone adalah salah satu sirkuit paling ikonik di dalam bumi Formula Satu. Dilansir dari p1travel.com, sirkuit ini terletak ke Northamptonshire, Inggris, lalu menjadi tuan rumah Grand Prix Inggris sejak 1950. Sirkuit ini terkenal dengan kecepatan kemudian tikungannya yang menantang. 

Sirkuit Silverstone punya sejarah tersendiri. Silverstone awalnya adalah pangkalan RAF (Angkatan Udara Bebas Kerajaan Inggris) yang digunakan digunakan selama Perang Planet II. Setelah perang, pemerintah Inggris mengurangi sebagian dari tanah tersebut, lalu penggunaannya diubah berubah menjadi sirkuit balap pada 1948. Pada ketika itu, jalur balapnya merupakan kombinasi dari landasan pacu utama serta sebagian jalan perimeter pangkalan udara.

Grand Prix Inggris pertama berlangsung di sirkuit Silverstone pada 1950. Meskipun tata letak sirkuit sudah pernah diubah beberapa kali sejak pada waktu itu, trek ini terus bermetamorfosis menjadi trek ikonik. Dengan panjang 5.891 kilometer juga 18 tikungan, ini tidak semata-mata sirkuit yang sangat cepat, tapi juga sangat menantang dengan bagian-bagian teknis.

Dilansir dari racingcircuits.info, Silverstone mengalami bervariasi inovasi kemudian pengembangan. Seiring dengan keinginan akan sarana yang mana lebih tinggi modern kemudian aman, jalur balap juga fasilitasnya secara teratur direvisi kemudian ditingkatkan. Pada 1952, manajemen sirkuit beralih dari RAC (Royal Automobile Club) ke British Racing Drivers’ Club (BRDC).

Seiring dengan evolusi motorsport, sirkuit Klub di Silverstone juga berkembang. Variasi Klub disediakan untuk acara-acara nasional kemudian menyediakan alternatif yang lebih tinggi pendek untuk perlombaan yang tiada memerlukan jalur penuh.

Dilansir dari silverstone.co.uk, pada awal 1990-an, Silverstone terus berubah jadi tuan rumah Grand Prix Inggris Formula 1. Namun, pada pertengahan dekade, sirkuit ini mulai mengalami tekanan lantaran keperluan untuk meningkatkan infrastruktur juga fasilitasnya agar kekal bersaing dengan sirkuit lainnya ke kalender Formula 1.

Perubahan besar muncul pada 2009, sewaktu Silverstone mengalami revisi sirkuit yang tersebut mencolok. Sirkuit ini memperkenalkan bagian-bagian baru, di antaranya kompleks Arena yang dimaksud meliputi sebagian tikungan baru seperti “Village” lalu “The Loop”. Perubahan ini dimaksudkan untuk meningkatkan daya tarik balapan kemudian memberikan pengalaman yang tersebut lebih lanjut mengejutkan bagi penonton.

Sejak 2009, Silverstone terus melakukan pembaruan lalu perbaikan secara berkala. Hal ini termasuk perbaikan pada infrastruktur, peningkatan keamanan, juga peningkatan prasarana untuk penonton dan juga tim. Sirkuit ini juga terus bermetamorfosis menjadi tuan rumah bermacam acara balap lainnya di samping Grand Prix Formula 1.

Grand Prix Inggris di Silverstone tetap berubah menjadi salah satu acara paling dinantikan di kalender balap, dengan ribuan penggemar yang tersebut hadir setiap tahunnya. Sirkuit ini juga berubah menjadi tuan rumah bervariasi acara balap lainnya, diantaranya seri balap motor, balap mobil, lalu acara-acara lainnya.

 

Artikel ini disadur dari Profil Sirkuit Silverstone Inggris, Tempat Balap Formula 1 Pertama Diselenggarakan