Internasional

Presiden Xi sebut China serta Turki berpandangan sejenis tentang Palestina

11
×

Presiden Xi sebut China serta Turki berpandangan sejenis tentang Palestina

Sebarkan artikel ini
Presiden Xi sebut China dan juga Turki berpandangan sejenis tentang Palestina

Istanbul – Presiden China Xi Jinping pada Kamis menyatakan bahwa Beijing serta Ankara berbagi "pandangan yang mirip atau serupa" mengenai konflik Israel-Palestina dan juga krisis Ukraina.

Perspektif itu disampaikan Xi pada waktu bertemu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Xi mengemukakan China lalu Turki "harus berinteraksi erat" mengenai permasalahan ini.

Keduanya bertemu di sela perjumpaan puncak para pemimpin Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO).

Pembahasan mengenai Palestina serta negara Ukraina antara kedua pemimpin itu –yang bertemu terakhir kali ke kota bersejarah Samarkand, Uzbekistan pada September 2022– muncul setelahnya pertempuran negeri Israel ke Wilayah Gaza terus berlanjut sampai hampir sembilan bulan hingga menewaskan 38.000 jiwa, yang mana sebagian besar adalah perempuan juga anak-anak.

Sementara peperangan Rusia pada tanah Ukraina sudah pernah menyeberangi masa dua tahun dengan banyak jiwa tewas kemudian jutaan lainnya mengungsi.

Pernyataan dari Beijing menyebutkan Xi menyatakan kesiapan China untuk “memperkuat koordinasi lalu kerja sama” dengan Turki pada kerangka multilateral, seperti PBB juga G20.

Hubungan China dengan Turki “telah mempertahankan kesempatan perkembangan yang tersebut stabil (dan) keduanya merupakan negara tumbuh utama juga anggota Global Selatan,” kata presiden China.

Dia mencatat kedua negara “memiliki konsensus luas di mengupayakan pembangunan lalu revitalisasi negara per individu kemudian menyimpan norma-norma hubungan internasional.”

"Kedua pihak semestinya saling menggalang di mempertahankan kepentingan utama, terus mengkonsolidasikan rasa saling percaya politik, menyokong kerja mirip tingkat tinggi yang tersebut saling menguntungkan, serta menggalakkan pengembangan lebih besar besar hubungan kerja mirip strategis China-Turki,” ujarnya.

“China menyokong Turki di mengambil jalur penyelenggaraan yang dimaksud sesuai dengan keadaan nasionalnya,” kata Xi, yang dimaksud juga mendesak kedua pihak untuk memperluas perdagangan.

Xi menyuarakan dukungannya untuk perusahaan China untuk meningkatkan penanaman modal merek dalam Turki kemudian menggerakkan lebih besar sejumlah warganya mengunjungi negara tersebut.

Sumber: Anadolu

 

Artikel ini disadur dari Presiden Xi sebut China dan Turki berpandangan sama tentang Palestina