Lifestyle

Presiden segera kirim alat medis modern ke RSUD Mas Amsyar Kasongan

10
×

Presiden segera kirim alat medis modern ke RSUD Mas Amsyar Kasongan

Sebarkan artikel ini
Presiden segera kirim alat medis modern ke RSUD Mas Amsyar Kasongan

eksekutif area telah menyiapkan lahan 5 hektare ke tempat Bukit Batu Perkotaan Kasongan untuk direlokasikan nantinya

Palangka Raya – Presiden Joko Widodo memerintahkan Kementerian Kesejahteraan mengirim bantuan sebagai alat medis modern ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mas Amsyar, Perkotaan Kasongan, Kota Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah sebagai upaya meningkatkan layanan kebugaran bagi masyarakat.

Direktur RSUD Mas Amsyar Kasongan, dr Agnes Nissa Paulina pada Kasongan, Kamis, mengatakan, pada tahun ini, pihaknya mendapat bantuan dari pusat yaitu merupakan CT scan, mammogram, ruang sitotoksik, rontgen dental serta inkubator 5 unit.

"Kemudian pada waktu ini kamar di RSUD Mas Amsyar berjumlah 53 kamar. Harapan presiden kamar yang disebutkan di dalam berhadapan dengan 100, tetapi tempat tidurnya tidak ada mencukupi dengan rumah sakit tipe C," kata Agnes.

Namun demikian, apabila ditambahkan kamar, tentunya kurang memungkinkan dengan luas lahan yang dimaksud ada. Belum lagi, keadaan rumah sakit rawan terdampak banjir.

"Oleh sebab itulah, pemerintah wilayah telah menyiapkan lahan 5 hektare pada wilayah Bukit Batu Pusat Kota Kasongan untuk direlokasikan nantinya," jelasnya.

Sementara itu, terkait pelayanan ke rumah sakit. Pihaknya merasa masih belum maksimal, tetapi dengan 18 spesialis yang tersebut ada telah tercukupi. Saat ini pun rumah sakit masih mengawaitu pengerjaan pengerjaan bangunan CT scan.

Selain itu, ia berharap dari kementerian dapat membantu penambahan sumber daya manusia (SDM) teristimewa dari tenaga spesialis maupun tenaga kesehatan lainnya seperti perawat, bidan, apoteker, laboratorium lalu radiografer.

"SDM dalam rumah sakit pada waktu ini berjumlah 345 tenaga terdiri dari PNS, P3K, PHL, PJDS lalu ada penugasan khusus dari Kementerian. Jumlah itu tentunya masih kurang, teristimewa untuk penunjang seperti untuk radiografer, analis, laboratorium, apoteker lalu asisten apoteker. Jadi jenjang yang lainnya kami masih kurang," pungkasnya.

Sebelumnya, pada Rabu (26/6) Presiden Joko Widodo mengunjungi beberapa jumlah tempat kejadian dalam Wilayah Katingan, Kalimantan Tengah salah satunya RSUD Mas Amsyar Kasongan.

Presiden Joko Widodo, meninjau segera di hal peningkatan sarana untuk keperluan alat-alat pelayanan kesehatan warga di dalam Rumah Sakit Umum Daerah setempat.

Dia menilai, pelayanan terhadap partisipan inisiatif Badan Penyelenggaraan Pemastian Sosial (BPJS) Bidang Kesehatan masih kurang, khususnya terkait total kamar rumah sakit.

Menurut dia, seharusnya kamar rumah sakit paling sedikit ada 100 kamar. Selain itu, lahan di RSUD yang dimaksud juga terlalu sempit sehingga memerlukan penambahan luas.

"Di di lokasi ini nanti akan dikirim CT scan, mammogram, inkubator, semua yang mana mahal-mahal mau dikirim. Kenapa kita ke sini? Karena kita ingin mengawasi kesiapannya, ruangannya," kata Jokowi.

 

 

 

Artikel ini disadur dari Presiden segera kirim alat medis modern ke RSUD Mas Amsyar Kasongan