Sports

Polisi Selidiki Penyebab Meninggalnya Atlet Bulu Tangkis China Zhang Zhi Jie Saat Laga Badminton Asia Junior Championships 2024

7
×

Polisi Selidiki Penyebab Meninggalnya Atlet Bulu Tangkis China Zhang Zhi Jie Saat Laga Badminton Asia Junior Championships 2024

Sebarkan artikel ini

Yogyakarta – Kepolisian Resort Pusat Kota Yogyakarta turun tangan menyelidiki pendorong meninggalnya atlet bulu tangkis selama China, Zhang Zhi Jie, 17 tahun, ketika berlaga ke laga BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 di GOR Amongrogo, Yogyakarta Akhir Pekan 30 Juni 2024.

Dalam video yang dimaksud beredar ke media sosial, pada waktu laga berlangsung, atlet pemain tunggal putra itu tanpa peringatan jatuh tak sadarkan diri. Sempat terkapar beberapa pada waktu pada lapangan, beberapa orang tenaga medis lantas menghampiri untuk memberikan pertolongan. Atlet itu kemudian dibawa dengan tandu pergi dari lapangan.

“Kami sedang mengatur penyelidikan asal-mula meninggalnya atlet tersebut,” juru bicara Polresta Yogyakarta Ajun Komisaris Polisi Sujarwo Mulai Pekan 1 Juli 2024.

Kepolisian belum membeberkan hasil pemeriksaan terhadap beberapa saksi kemudian panitia kegiatan tersebut, apakah semata dikarenakan musibah atau ada unsur temuan lainnya. “Soal (dugaan asal-mula lain) belum ada,” kata dia.

Dari laporan yang mana diterima kepolisian, atlet yang disebutkan pingsan pada waktu berjuang sesudah itu diberi tindakan penyelamatan. “Karena ada SOP (standar operasional prosedur) nya untuk segala tindakan yang mana terbentuk dalam lapangan, seperti itu harus seizin wasit lapangan,” ujarnya.

“Setelah diperbolehkan wasit, baru dapat melakukan tindakan (kepada atlet bersangkutan),” kata ia menambahkan.

Sujarwo mengatakan, pasukan medis yang disiapkan panitia melakukan penanganan awal pada lapangan juga dengan segera mengakibatkan orang yang terdampar ke Rumah Sakit Pusat TNI AU (RSPAU) Hardjolukito Yogyakarta. Di rumah sakit tersebut, sang atlet mendapatkan tindakan resusitasi jantung paru-paru atau CPR sesuai SOP. 

“Atas permintaan regu ofisial China, penanganan atlet itu tak lama kemudian dipindahkan ke RSUP Sardjito untuk penanganan tindakan kritis, tetapi nyawanya bukan terselamatkan,” kata dia.

Zhang Zhi Jie dinyatakan meninggal dalam RSUP Sardjito pada hari Munggu 30 Juni 2024 pukul 23.20. WIB. 

Gelaran kompetisi bulu tangkis beregu BNI Badminton Asia Junior Championships ini berlangsung di dalam Yogyakarta. Kejuaraan itu dijadwalkan berlangsung mulai 28 Juni hingga 7 Juli di dalam GOR Among Rogo, Yogyakarta. 

Ajang ini mengadu nomor beregu campuran dengan format seperti Piala Sudirman yang digunakan disertai oleh 15 negara. Setiap negara menurunkan pemain tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, ganda campuran. Sedangkan untuk nomor perorangan dihadiri oleh oleh 18 negara.

Artikel ini disadur dari Polisi Selidiki Penyebab Meninggalnya Atlet Bulu Tangkis China Zhang Zhi Jie Saat Laga Badminton Asia Junior Championships 2024