Sports

Piala AFF U-16 Selesai, Nova Arianto Segera Kirim Peta Jalan Kualifikasi Piala Asia U-17 ke PSSI

6
×

Piala AFF U-16 Selesai, Nova Arianto Segera Kirim Peta Jalan Kualifikasi Piala Asia U-17 ke PSSI

Sebarkan artikel ini

TEMPO.CO, Solo – Manajer Timnas U-16 Indonesia, Nova Arianto, berbicara masalah persiapan regu asuhannya untuk menghadapi kualifikasi Piala Asia U-17 seusai sederet pertandingan Piala AFF U-16 2024. Timnas U-16 menempati peringkat ketiga ASEAN U-16 Boys Championship 2024 itu usai menang bertarung dengan Vietnam dengan skor 5-0. 

“Persiapan kualifikasi Piala Asia, pastinya roadmap sudah ada kami berikan ke PSSI. Memang, pada waktu dekat ini, kami masih akan memantau beberapa pemain yang digunakan ada di dalam Kompetisi Topskor. Kompetisi Topskor nasional masih berjalan. Itu yang akan kami pantau,” ujar Nova pada konferensi pers ke Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, seusai pertandingan perebutan peringkat ketiga, Rabu, 3 Juli 2024. 

Dia juga mengaku akan meninjau peluang pemain lain untuk bergabung bersatu tim nasional. “Program kami juga sama. Kami mencanangkan ada TC. Termasuk, kami memohonkan uji coba-uji coba internasional agar pemain semakin terasah kemampuannya berperang melawan tim-tim yang tersebut levelnya di atas,” tutur dia. 

Perihal rencana bertemu dengan instruktur Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, pasca Piala AFF U-16, Nova memaparkan akan mengawasi situasinya terlebih dulu. “Dengan coach Shin sendiri, kami masih akan mengawasi situasinya. Karena ada beberapa jadwal yang bentrok, nanti kami akan  masih bertemu dengan Pak Erick (Ketua Umum PSSI Erick Thohir), nanti dengan coach Shin, pasca kembali baru kita bicarakan ke depan seperti apa,” kata dia. 

Nova, sebelumnya, menyampaikan penilaiannya terkait kondisi fisik pemain Timnas U-16 Indonesia. Menurut dia, para pemain secara mental juga daya juangnya besar. “Kalau meninjau selama jalannya kejuaraan ketika ini situasi baik lalu saya bersyukur secara mental, secara daya juang, pemain sangat luar biasa,” kata dia. 

Dengan mental juga daya huang dan juga mental seperti itu, Nova menganggap dapat bermetamorfosis menjadi awal yang tersebut bisa jadi dibawa sampai ke level senior. “Kalau kesulitan skil serta permasalahan individu masih bisa saja kami perbaiki. Tapi kakau pemain punya mental kuat kemudian bertarung di lapangan itu yang dimaksud saya cari dan juga harapannya nanti mampu di timnas senior,” ungkap dia.

Artikel ini disadur dari Piala AFF U-16 Selesai, Nova Arianto Segera Kirim Peta Jalan Kualifikasi Piala Asia U-17 ke PSSI