Sports

Pernyataan Resmi BWF persoalan Meninggalnya Zhang Zhi Jie di Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia 2024

4
×

Pernyataan Resmi BWF persoalan Meninggalnya Zhang Zhi Jie di Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia 2024

Sebarkan artikel ini

TEMPO.CO, DKI Jakarta – Federasi Bulu Tangkis Global (BWF) merespons kabar meninggalnya atlet bulu tangkis China, Zhang Zhi Jie, pada kompetisi Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia 2024. BWF menganggap bahwa hal yang disebutkan adalah kejadian tragis. “Federasi Bulu Tangkis Global (BWF) menggunakan kesempatan ini untuk sekali lagi menyampaikan belasungkawa terdalam kami untuk keluarga Zhang Zhi Jie, rekan satu timnya, Asosiasi Bulu Tangkis China, serta seluruh komunitas bulu tangkis China,” tulis BWF.

“Meninggalnya Zhang ke Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia ke Yogyakarta pada 30 Juni adalah kejadian tragis, serta kami mengambil semua langkah yang mana diperlukan untuk meninjau kesulitan ini secara menyeluruh dengan berkonsultasi dengan Badminton Asia kemudian Persatuan Bulu Tangkis Negara Indonesia (PBSI).”

BWF menganggap bahwa Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia berada dalam bawah yurisdiksi Badminton Asia. BWF memiliki seperangkat pedoman dan juga instruksi medis keseluruhan yang digunakan tersedia untuk digunakan oleh badan pengatur lainnya pada tingkat regional atau nasional yang digunakan mengatur kompetisi yang dimaksud disetujui federasi. 

“Namun, BWF mengutarakan setiap badan pengatur tentang cara menerapkan protokol lalu praktik medis ini di dalam arena penyelenggaraan. BWF sedang mengawaitu laporan resmi dari Bulu Tangkis Asia dan juga pelopor lokal untuk memandang apakah prosedur medis yang benar dihadiri oleh pada memberikan bantuan terhadap Zhang sewaktu ia jatuh di lapangan,” kata BWF.

“Menurut pedoman tersebut, dokter turnamen, di dalam bawah arahan wasit, miliki tanggung jawab untuk menanggapi keadaan darurat pada lapangan, di antaranya dugaan serangan jantung, kemudian pada skenario ini, untuk memberikan intervensi hingga tindakan medis yang digunakan tepat dapat tersedia (misalnya ambulans).”

“Ketika menerapkan pedoman ini, ditegaskan kembali bahwa semua personel harus siap setiap ketika untuk menanggapi semua intervensi medis yang mana diperlukan, di antaranya keadaan darurat, sesegera mungkin. Setelah tinjauan kami selesai, kami akan menentukan apakah aspek-aspek tertentu dari pedoman ini diperlukan diubah,” ucap BWF.

“Peninjauan yang tersebut ada, yang mana dimulai awal tahun ini, mengevaluasi kebijakan dan juga prosedur BWF mengenai intervensi darurat oleh dokter pertandingan untuk menjamin perawatan yang tersebut paling tepat serta tepat waktu, akan mencakup temuan dari penilaian BWF lalu laporan Badminton Asia,” tulis BWF.

Atlet bulu tangkis jika Cina, Zhang Zhi Jie, 17 tahun tak sadarkan diri pada waktu laga BNI Badminton Asia Junior Championships 2024 ke GOR Amongrogo, Yogyakarta Akhir Pekan 30 Juni 2024. Dok.istimewa.

Artikel ini disadur dari Pernyataan Resmi BWF soal Meninggalnya Zhang Zhi Jie di Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia 2024