Sports

Pengamat: Timnas U-16 Nusantara Masih Banyak PR untuk Bersaing pada Kualifikasi Piala Asia U-17 2025

10
×

Pengamat: Timnas U-16 Nusantara Masih Banyak PR untuk Bersaing pada Kualifikasi Piala Asia U-17 2025

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Timnas U-16 Tanah Air mengakhiri perjalanannya di dalam ASEAN U-16 Boys Championship atau Piala AFF U-16 2024 dengan menempati peringkat ketiga. Selanjutnya, anak asuh Nova Arianto akan berjuang dalam kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Pengamat sepak bola Mohamad Kusnaeni mengkaji masih banyak hal yang mana mesti ditingkatkan dari kekuatan Timnas Nusantara U-16 agar sanggup bersaing serta lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2025. Menurut dia, Garuda Muda butuh tambahan pemain, khususnya di dalam sikap gelandang lalu bek.

“Secara individu, berbagai pemain potensial dalam Timnas U-16 Indonesia. Mereka mampu dipertahankan untuk berubah menjadi kerangka pasukan pada waktu kualifikasi Piala Asia U-17 nanti. Tapi, tim ini masih butuh tambahan pemain berkualitas. Terutama pada lini pertahanan dan juga lini sedang supaya kedalaman skuad tambahan tebal,” ujar beliau pada waktu dihubungi Tempo, Kamis, 4 Juli 2024.

Kusnaeni mengungkapkan pencapaian Timnas U-16 Tanah Air pada Piala AFF U-16 2024 masih patut disyukuri. Secara keseluruhan, Matthew Baker lalu kawan-kawan tampil cukup baik. Mereka menyapu bersih pertandingan fase grup dengan mencetak 12 gol serta cuma kebobolan satu gol. Regu Merah Putih juga mencatatkan kemenangan telak 5-0 berhadapan dengan Vietnam pada laga perebutan peringkat ketiga. Satu-satunya kekalahan yang dimaksud diderita adalah dari Australia di fase semifinal dengan keadaan harus bermain dengan 10 pemain sejak putaran pertama.

Australia yang mana pergi dari sebagai juara Piala AFF U-16 2024 akan kembali berubah menjadi salah satu lawan Timnas U-16 Indonesi pada kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Pengamat yang mana akrab disapa Bung Kus itu menilai, selain butuh tambahan pemain, Garuda Muda juga memerlukan uji coba berhadapan dengan grup yang secara kualitas berada ke melawan mereka. Hal ini, kata dia, sebagai salah satu cara untuk memberikan pengalaman bermain yang tersebut lebih besar berbagai sekaligus meningkatkan kemampuan para pemain.

Mohamad Kusnaeni. Foto : x

“Menuju kualifikasi Piala Asia nanti, Timnas U-16 Negara Indonesia juga harus banyak mengatur uji coba. Tidak cukup semata-mata TC yang mana panjang, tapi juga harus dilengkapi dengan uji coba berkualitas. Cari lawan yang digunakan karakternya mirip Australia. Cari juga lawan yang gaya mainnya mirip regu Asia Barat,” ucapnya.

“Pemain Timnas U-16 Tanah Air masih muda, masih minim pengalaman bertanding. Cara untuk meningkatkan level merek ya melalui berbagai uji coba berkualitas,” kata Kusnaeni menambahkan.

Timnas U-16 Negara Indonesia tergabung pada grup G kualifikasi Piala Asia U-17 2025 bersatu Australia, Kuwait, dan juga Kepulauan Mariana Utara. Pertandingannya akan datang berlangsung dalam Surabaya mulai 19-27 Oktober 2024.

Artikel ini disadur dari Pengamat: Timnas U-16 Indonesia Masih Banyak PR untuk Bersaing di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025