Sports

PBVSI Targetkan Nusantara Tembus Empat Besar Kejuaraan Bola Voli Putra AVC U-20 2024

8
×

PBVSI Targetkan Nusantara Tembus Empat Besar Kejuaraan Bola Voli Putra AVC U-20 2024

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesi (PP PBVSI) Imam Sudjarwo mengungkapkan target untuk Timnas Negara Indonesia di dalam Kejuaraan Bola Voli Putra AVC U-20 2024. Ia ingin Pasukan sepak bola Garuda mampu masuk empat besar atau minimal lolos ke semifinal.

“Targetnya kami pada sana (AVC U-20 2024) adalah empat besar. Kalau kami dapat empat besar, maka kami bisa saja masuk ke turnamen FIVB U-21 atau Piala Dunianya voli tahun 2025,” kata beliau pada wawancara bersama Tempo di Kantor Indosiar, Daan Mogot, DKI Jakarta Barat, Kamis, 27 Juni 2024.

Demi mencapai target tersebut, Imam mengungkapkan PBVSI sengaja membentuk regu DKI Jakarta Garuda Jaya yang tersebut diikutkan pada kompetisi Proliga 2024. Tim itu diisi oleh para pemain muda yang tersebut diproyeksikan menguatkan grup Negara Indonesia ke AVC U-20 2024.

Jakarta Garuda Jaya sendiri berubah menjadi bulan-bulanan dalam Proliga 2024 sepanjang putaran penyisihan. Tim asuhan Li Qiuijang itu tak lolos ke final four setelahnya semata-mata menempati peringkat ketujuh dengan catatan 12 kali kalah tanpa meraih kemenangan.

Imam pun tiada mempermasalahkan hal tersebut, serta tambahan meninjau pada kemajuan merekan sepanjang mengikuti kompetisi. Menurut dia, memang sebenarnya sudah ada selayaknya Ibukota Indonesia Garuda Jaya dibuat putaran belur oleh tim lain yang digunakan berisikan para pemain senior.

“Kalau di dalam Proliga 2024 kemarin kan lawannya senior semua. Kalau merek ‘digebukin’ ya biarkan belaka lantaran itu memang sebenarnya enggak mungkin saja mereka itu menang. Tapi, ada sebuah progres yang digunakan bagus,” ucapnya. “Proliga itu adalah event untuk latihan mereka, semacam pemusatan latihan. Apapun hasilnya, kami syukuri. Tapi ternyata ada sebuah peningkatan, ada sebuah pengalaman yang tersebut didapat.”

Sebelumnya, Ibukota Indonesia Garuda Jaya juga dikirim PBVSI untuk berlaga di dalam turnamen AVC Challenge Cup 2024 Bahrain. Hasilnya tak sangat berbeda dengan pada Proliga 2024. Mereka menempati peringkat ketiga grup C dengan catatan dua kali kalah tanpa mengungguli pertandingan dan juga belaka menempati peringkat ke-11. Satu-satunya kemenangan diraih pada waktu mereka mengalahkan Taiwan di perebutan peringkat ke-11 turnamen.

“Di Bahrain itu harusnya pasukan senior yang tersebut bermain, tapi dia (Jakarta Garuda Jaya) mampu mengalahkan Taiwan. Itu pengalaman yang luar biasa juga. Itu yang dimaksud kami persiapan untuk main pada AVC U-20 dalam Surabaya. Melihat progresnya, ini luar biasa anak-anak muda lalu nanti (di AVC U-20) mereka akan menghadapi lawan yang digunakan seumuran,” ucap Imam.

Kejuaraan Bola Voli AVC U-20 2024 sendiri akan diselenggarakan di dalam Surabaya mulai 23-30 Juli 2024. Indonesi menggantikan Taiwan yang tersebut sebelumnya ditunjuk AVC sebagai tuan rumah. Ajang ini sekaligus bermetamorfosis menjadi kualifikasi untuk turnamen Piala Planet U-21 Putra FIVB 2025.

Artikel ini disadur dari PBVSI Targetkan Indonesia Tembus Empat Besar Kejuaraan Bola Voli Putra AVC U-20 2024