Internasional

Menlu AS, Armenia, Azerbaijan bertemu trilateral ke sela KTT NATO

9
×

Menlu AS, Armenia, Azerbaijan bertemu trilateral ke sela KTT NATO

Sebarkan artikel ini
Menlu AS, Armenia, Azerbaijan bertemu trilateral ke sela KTT NATO

Wilayah Moskow – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken akan melangsung penghadapan trilateral dengan Menlu Armenia Ararat Mirzoyan juga Menlu Azerbaijan Jeyhun Bayramov ke Washington, Rabu, kata juru bicara kementerian luar negeri Armenia Ani Badalyan. Mirzoyan lalu Bayramov sebelumnya tiba di dalam Washington untuk berpartisipasi di Forum Taraf Tinggi (KTT) NATO ke-75 yang dimaksud berlangsung pada 9-11 Juni di dalam ibukota negara Negeri Paman Sam tersebut.

"Menyusul komunikasi sebelumnya, sebagaimana disepakati ke Washington D.C., penghadapan trilateral antara Menteri Luar Negeri Armenia Ararat Mirzoyan, Menteri Luar Negeri Azerbaijan Jeyhun Bayramov, dan juga Menteri Luar Negeri Negeri Paman Sam Antony Blinken akan diadakan pada 10 Juli," tulis Badalyan di dalam media sosial.

Pada akhir Juni, Asisten Menteri Luar Negeri Negeri Paman Sam untuk Urusan Eropa juga Eurasia James O'Brien mengungkapkan untuk wartawan bahwa Negeri Paman Sam mengharapkan kedua pihak Armenia kemudian Azerbaijan untuk hadir di penghadapan NATO ke tingkat menteri luar negeri di Washington.

Armenia serta Azerbaijan sudah berperang beberapa kali melawan wilayah sengketa Nagorno-Karabakh setelahnya runtuhnya negara Uni Soviet.

Azerbaijan melanjutkan serangan pada bulan September lalu, merebut wilayah yang dimaksud kemudian menyokong puluhan ribu etnis Armenia untuk mengungsi.

Kedua negara bertetangga ini sekarang terlibat pada langkah-langkah penetapan juga demarkasi perbatasan.

Sumber: Sputnik

Artikel ini disadur dari Menlu AS, Armenia, Azerbaijan bertemu trilateral di sela KTT NATO