Entertainment

Mengenal NDX A.K.A, Grup Musik Hip-hop Asal Yogyakarta yang Konsernya Selalu Dipadati Penonton

15
×

Mengenal NDX A.K.A, Grup Musik Hip-hop Asal Yogyakarta yang Konsernya Selalu Dipadati Penonton

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Grup musik hip-hop berunsur dangdut alternatif selama Yogyakarta, NDX A.K.A memohonkan maaf untuk penonton yang terlanjur membayar tiket konser Lentera Festival ke Lapangan Pasar Kemis, Daerah Tangerang, Minggu malam, 23 Juni 2024 lalu. 

NDX A.K.A batal manggung lantaran panitia pelopor tak kunjung melunasi pembayaran kemudian ketuanya diduga mengakibatkan kabur uang penyelenggaraan banyak jt rupiah. Walhasil, festival yang sedianya dijalankan mulai pukul 19.00 itu batal hingga menyebabkan penonton murka dan juga membakar venue acara.

Profil NDX A.K.A

NDX A.K.A adalah duo hip-hop dengan syarat Indonesi yang digunakan dikenal dengan gaya musik unik yang mana memadukan hip-hop dengan unsur-unsur tradisional Jawa. NDX A.K.A diisi oleh dua anak muda yakni Yonanda Frisna Damara (Nanda) serta Fajar Ari (PJR MC). 

Duo ini sudah pernah berhasil mencuri perhatian pecinta musik di dalam seluruh Negara Indonesia dengan lirik-lirik yang dimaksud dekat dengan hidup sehari-hari juga ritme yang dimaksud ringan diikuti.

Mereka membawakan lagu-lagu yang mewakili perasaan sehari-hari orang-orang yang mana tersingkir secara ekonomi.  Misalnya, cinta yang dimaksud kandas oleh sebab itu kalah harta serta penghianatan. “Lirik-lirik NDX pengalaman saya pribadi,” kata Nanda, pada 11 Maret 2017.

Kelompok musik ini berdiri pada 11 September 2011, ketika Nanda kemudian Fajar duduk ke bangku Sekolah Menengah Pertama 2 Imogiri. Keduanya tak pernah belajar dalam sekolah musik. Nanda suka mendengarkan lagu-lagu berbahasa Jawa yang digunakan dicampur dengan bahasa Indonesi khas penyanyi Didi Kempot. “Lirik Didi Kempot merakyat. Saya mengidolakan dia,” kata Nanda.

NDX punya 36 lagu yang dimaksud beberapa di antaranya kerap diputar pada berbagai tempat. Sebagian besar lirik lagu mereka itu berbahasa Jawa. Ada juga yang dicampur dengan bahasa Indonesia. Di antaranya Lilakno Aku (Lupakan Aku), Tewas Tertimbun Masa Lalu, Terminal Giwangan, Kelingan Mantan (Teringat Mantan), Bojoku Digondol Bojone (Istriku Dibawa Suaminya), lalu Sayang.

Dikutip dari laman resmi AMI Award, karier bermusik NDX A.K.A telah dilakukan dibuktikan dengan meraih penghargaan AMI Awards ke-21 kategori Duo/Grup/Kolaborasi Dangdut/Dangdut Kontemporer Terbaik tahun 2018, dengan menggandeng Shaggy Dog.

YOLANDA AGNE | SHINTA MAHARANI | ISTIQOMATUL HAYATI
Pilihan editor: Konser Lentera Festival Dibakar Massa, Guyon Waton kemudian NDX A.K.A Minta Maaf Batal Manggung

Artikel ini disadur dari Mengenal NDX A.K.A, Grup Musik Hip-hop Asal Yogyakarta yang Konsernya Selalu Dipadati Penonton