Berita

Lanud Iswahyudi latihan terbang waktu malam untuk kemampuan tempur

11
×

Lanud Iswahyudi latihan terbang waktu malam untuk kemampuan tempur

Sebarkan artikel ini
Lanud Iswahyudi latihan terbang waktu waktu malam untuk kemampuan tempur

“Kegiatan ini juga meningkatkan kesiapan para ground crew pesawat sehingga secara berjenjang dapat meningkatkan pengalaman dan juga profesionalitasnya,”

Jakarta – Jajaran TNI AU melalui Pangkalan Lingkungan (Lanud) Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur mengadakan latihan terbang waktu malam untuk meningkatkan kemampuan tempur para penerbangnya.

Dari siaran pers resmi TNI AU yang diterima Senin, latihan terbang yang dipimpin secara langsung oleh Danlanud Iswahjudi Marsma TNI Firman Dwi Cahyono itu berlangsung ke Aerodrome Lanud Iswahjudi, Madiun, Kamis (20/6).

Firman menjelaskan latihan ini akan melibatkan para penerbang dari Skuadron udara 3, Skuadron Udara Bebas 14 serta Skuadron Udara Bebas 15.

Mereka akan dilatih selama seminggu guna mengasah kemampuan manuver lalu tempur pada di malam hari hari sehingga dipastikan siap menjalani tugas pada keadaan apapun.

"Kegiatan ini juga meningkatkan kesiapan para ground crew pesawat sehingga secara berjenjang dapat meningkatkan pengalaman juga profesionalitasnya," katanya.

Dalam kegiatan ini, Firman juga mengingatkan para penerbang untuk tetap mengutamakan keselamatan diri juga perawatan pesawat selama menyelenggarakan latihan.

"Para penerbang untuk setiap saat melaksanakan latihan sesuai dengan prosedur lalu setiap saat utamakan keselamatan," kata Firman.

Dia berharap dengan latihan ini kemampuan awak dan juga crew dapat terasah sehingga mampu mempertahankan pertahanan udara Nusantara dengan maksimal.

Sebelumnya, jajaran lanud di dalam seluruh provinsi Negara Indonesia memang benar berada dalam gencar melakukan latihan juga patroli guna meningkatkan pengamanan wilayah juga kualitas penerbangan pada bertempur.

Salah satu kegiatan pengamanan yang dimaksud paling baru diwujudkan oleh Lanud Pattimura kala melaksanakan patroli dalam wilayah udara yuridiksi nasional Provinsi Maluku dengan mengerahkan dua pesawat yakni Super Tucano EMB-314 dengan tail number TT-3104 kemudian TT-3106.

Maluku diketahui sebagai provinsi kepulauan yang digunakan sebagian wilayahnya merupakan perairan kemudian lautan yang digunakan mempunyai kemungkinan sumber daya yang mana begitu besar tak hanya sekali peluang dari laut terdiri dari sumber daya ikan yang dimaksud melimpah tetapi juga merupakan wilayah yang tersebut kaya akan sumber minyak maupun gas.

Oleh pihak lanud mengerahkan pesawat tempur Super Tucano EMB-314 yang tersebut merupakan salah satu pesawat tempur kebanggaan TNI AU yang tersebut diboyong dari pabrikan pesawat terbang Brazil bernama Embraer diharapkan dapat memaksimalkan patroli yang mana direalisasikan itu.
 

Artikel ini disadur dari Lanud Iswahyudi latihan terbang malam untuk kemampuan tempur