Lifestyle

Kemenko PMK membuka seleksi calon anggota DJSN 2024-2029 mulai hari ini

7
×

Kemenko PMK membuka seleksi calon anggota DJSN 2024-2029 mulai hari ini

Sebarkan artikel ini
Kemenko PMK membuka seleksi calon anggota DJSN 2024-2029 mulai hari ini

Pendaftaran seleksi calon anggota DJSN dibuka secara resmi pada tanggal 27 Juni 2024 sampai dengan tanggal 16 Juli 2024. Pengumuman, persyaratan, juga ketentuan lebih banyak lanjut dapat diakses melalui laman atau platform web www.djsn.go.id atau www.kemenkopmk

Jakarta – Kementerian Koordinator (Kemenko) Area Pembangunan Manusia kemudian Kebudayaan (PMK) membuka seleksi calon anggota Dewan Pemastian Sosial Nasional (DJSN) masa jabatan 2024-2029.

"Sehubungan dengan akan berakhirnya masa kerja anggota DJSN masa jabatan tahun 2019-2024 pada 19 Oktober 2024, Presiden telah terjadi menetapkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 40/M Tahun 2024 tentang Pembentukan Panitia Seleksi Calon Anggota Dewan Garansi Sosial Nasional Masa Jabatan tahun 2024-2029," kata Ketua Panitia Seleksi Calon Anggota DJSN Masa Jabatan Tahun 2024-2029 Isa Rachmatarwata di Jakarta, Kamis.

Isa menjelaskan Presiden membentuk panitia seleksi (pansel) yang dimaksud terdiri dari tujuh penduduk anggota dengan komposisi dua penduduk anggota dari unsur pemerintah juga lima penduduk anggota dari unsur masyarakat.

Adapun susunan keanggotaan terdiri dari Ketua merangkap Anggota Isa Rachmatarwata, Wakil Ketua merangkap Anggota Taufik Hidayat, Anggota Andie Megantara, Subiyanto, Jerry Marmen, Timboel Siregar, dan juga Rahma Iryanti.

Isa juga mengemukakan pembentukan pansel yang disebutkan berdasarkan Pasal 6 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Pemastian Sosial Nasional, bahwa untuk penyelenggaraan Sistem Pemastian Sosial Nasional dibentuk Dewan Pemastian Sosial Nasional (DJSN).

Ia menjelaskan DJSN dibentuk untuk membantu Presiden dengan tugas serta fungsi di perumusan kebijakan umum lalu sinkronisasi penyelenggaraan Sistem Garansi Sosial Nasional.

"DJSN mempunyai kewenangan melakukan monitoring juga evaluasi penyelenggaraan jaminan sosial dan juga melakukan pengawasan eksternal untuk Badan Penyelenggara Pemastian Sosial (BPJS)," ujarnya. 

Sesuai dengan amanat Keputusan Presiden tersebut, Pansel DJSN akan melakukan seleksi terbuka terhadap calon anggota DJSN dari unsur tokoh atau ahli, unsur organisasi pemberi kerja atau organisasi pengusaha, serta organisasi pekerja atau organisasi buruh.

"Pendaftaran seleksi calon anggota DJSN dibuka secara resmi pada tanggal 27 Juni 2024 sampai dengan tanggal 16 Juli 2024. Pengumuman, persyaratan, juga ketentuan lebih banyak lanjut dapat diakses melalui laman atau website web www.djsn.go.id atau www.kemenkopmk.go.id," ucap Isa.

Seluruh tahapan seleksi akan dilaksanakan selama kurang tambahan tiga bulan, yang digunakan terdiri dari tiga tahapan yaitu seleksi administrasi, penilaian makalah, dan juga uji kepatutan serta kelayakan.

Selanjutnya Pansel DJSN akan menyampaikan nama-nama hasil seleksi calon anggota DJSN terpilih untuk Presiden melalui Menko PMK .

"Dalam penyelenggaraan seleksi terbuka ini, pansel mengundang Warga Negara Indonesia yang digunakan miliki keahlian di bidang jaminan sosial yang digunakan berusia sekurang-kurangnya 40 tahun serta setinggi-tingginya 60 tahun pada tanggal 19 Oktober 2024 serta memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota DJSN," tuturnya.

Artikel ini disadur dari Kemenko PMK buka seleksi calon anggota DJSN 2024-2029 mulai hari ini