Sports

Kejutan Wimbledon 2024: Juara Bertahan Marketa Vondrousova Tersingkir di dalam Babak Pertama, Iga Swiatek Mulus

7
×

Kejutan Wimbledon 2024: Juara Bertahan Marketa Vondrousova Tersingkir di dalam Babak Pertama, Iga Swiatek Mulus

Sebarkan artikel ini

TEMPO.CO, Ibukota – Juara bertahan Wimbledon, Marketa Vondrousova, secara mengejutkan, kalah pada sesi pertama Grand Slam. Kekalahan dari peringkat 83 planet Jessica Bouzas Maneiro membuatnya berubah menjadi juara bertahan putri pertama yang mana tersingkir ke fase pertama di 30 tahun terakhir. 

Petenis Spanyol itu menang 6-4, 6-2 melawan petenis peringkat enam jika Ceko, yang digunakan tahun sesudah itu berubah jadi wanita non-unggulan pertama yang mana meraih gelar kejuaraan juara di All England Club. Legenda Jerman Steffi Graf berubah menjadi juara bertahan terakhir yang dimaksud kalah dalam putaran pembukaan, pada waktu dikalahkan Lori McNeil pada 1994.

Bouzas Maneiro belum pernah mengalahkan petenis peringkat 40 besar, sementara satu-satunya pertandingan lapangan rumput lainnya yang ia ikuti tahun ini adalah kekalahan pada putaran pertama ke kompetisi mudah pada Italia. “Saya pikir ini adalah salah satu momen terpenting di hidup lalu karier saya,” kata Bouzas Maneiro, diambil dari AFP, Rabu, 3 Juli 2024.

“Dia adalah salah satu pemain terbaik di bola jadi tak ada tekanan bagi saya. Saya belaka bisa jadi menikmati momen lalu bermain dengan bebas. Saya benar-benar terkejut dengan diri saya sendiri. Saya sedikit gugup pada awalnya tetapi suasananya sangat menyenangkan sehingga saya merasa lebih tinggi nyaman. Saya merasa seperti ke rumah sendiri,” ujar petenis berusia 21 tahun itu.

Bouzas Maneiro akan menghadapi rekan senegaranya dari Spanyol Cristina Bucsa untuk bertarung memperebutkan tempat ke putaran 32 besar. Vondrousova tiba di dalam London dengan keadaan fisik yang diragukan pasca cedera pinggul kanannya ketika terjungkal di dalam kompetisi lapangan rumput Berlin bulan lalu.

Iga Swiatek Tak Terbendung

Setelah meraih peringkat Roland Garros keempatnya pada lima tahun, Iga Swiatek melanjutkan catatan kemenangan beruntunnya bermetamorfosis menjadi 20 pertandingan setelahnya mengalahkan Sofia Kenin 6-3, 6-4 ke laga putaran pertama Wimbledon.

Beberapa pertandingan yang Swiatek menangi salah satunya gelar kejuaraan dalam Madrid, Roma dan juga Paris, serta 44 pertandingan secara keseluruhan tahun ini, bermetamorfosis menjadi catatan kemenangan paling berbagai pada antara petenis putri lainnya. “Ini adalah awal yang digunakan solid juga hasil imbang yang digunakan tak mudah, jadi saya senang memiliki kesempatan untuk memainkan pertandingan lain pada sini,” kata Swiatek, seperti disiarkan WTA, Rabu.

“Tidak enteng menghadapi juara Grand Slam dalam sesi pertama, jadi kami harus siap untuk segalanya. Mereka adalah pemain berpengalaman, jadi bukan ada waktu untuk mengikuti kejuaraan ini. Saya senang sanggup melakukannya hari ini,” ujar petenis Polandia berusia 23 tahun itu.

Swiatek mencatatkan rekor 18-0 pada pertandingan putaran pertama pertandingan major dan juga telah terjadi mengakumulasi 72 kemenangan tunggal Grand Slam, terbanyak di antara petenis putri mana pun. Dia juga memenangi lima pertandingan berturut-turut bertarung dengan mantan juara utama.

Pada pertandingan fase pertama Wimbledon kali ini, Kenin tiada miliki senjata yang terlalu kuat, juga Swiatek mampu mengukur kecepatan di lapangan rumput serta menyesuaikan diri di pertandingan.

Untuk pertandingan tersebut, Swiatek mencetak tiga break servis, yang tersebut kritis berlangsung pada gim ketujuh set kedua. Dengan melakukan servis, ia memenangi 41 dari 57 poin dan juga melakukan enam ace.

Ini merupakan awal yang mana menggembirakan bagi Iga Swiatek. Catatan menang-kalahnya di dalam lapangan rumput meningkat berubah menjadi 14-7 — serta 10-4 ke Wimbledon. Dia bisa jadi berubah jadi petenis termuda pasca Serena Williams (2002) yang digunakan memenangi Roland Garros serta Wimbledon dalam musim yang tersebut sama, dan juga yang pertama memenangi Slam berturut-turut sejak Serena pada 2015.

Artikel ini disadur dari Kejutan Wimbledon 2024: Juara Bertahan Marketa Vondrousova Tersingkir di Babak Pertama, Iga Swiatek Mulus